Jumat, 16 Desember 2011

Apa Kabar Blog-ku ?

Setelah cukup lama vakum di dunia per-blogger-an, akhirnya aku bisa kembali lagi menyentuh blog pribadi ini. Postingan terakhir saya masih ingat waktu itu tanggal 17 Agustus 2011, bertepatan dengan puasa ke 17 di bulan Ramadhan. Dan hari itulah saat aku terkena suatu penyakit yang cukup aneh, berawal dari suhu badan yang naik dan timbul bentol-bentol pada tubuh. Padahal selama ini alhamdulillah belum pernah kejadian seperti itu. Ya tapi itulah, kita gak pernah apa yang terjadi di kemudian hari. Setelah di bawa ke rumah sakit, ternyata dokter mendiagnosa kemungkinan alergi atau hanya panas biasa, lalu diberi obat. Setelah meminum obat, ternyata tidak langsung membaik, eh malah makin aneh gejala yang timbul.

Besoknya, panas makin tinggi dan ternyata disuruh rawat inap di R.S.Boromeus Bandung. Setelah beberapa hari, trombosit turun, ternyata positif sakit DBD. hmm.. Sungguh lemas luar biasa.. Makan pun jdi tidak doyan. padahal selama ini makan saya jawara ! hahah.

Singkat cerita, setelah seminggu lewat di rawat, dan akan memasuki hari raya Idul Fitri, akhirnya diperbolehkan keluar dari RS dan disuruh Bedrest. Okelah, masih bersyukur juga bisa keluar dari RS dan masih sempat merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Sangat berterimakasih kepada Mama-ku dan sepupu ku yang sangat peduli ama diriku ini.. (*terharu) Hingga akhirnya bisa sembuh dan beraktifitas kembali ! Yippee !! :D

Hikmah yang diambil banyak sekali, salah satunya adalah jagalah kesehatan sedini mungkin sebelum anda jatuh sakit dan meninggalkan aktifitas/rutinitas anda. Ya walau kita tahu sehat dan sakit itu datangnya dari Allah SWT, minimal berikhtiarlah semaksimal mungkin. Kesehatan sangat mahal harganya ! Termasuk biaya rumah sakit ! hahaha.

Itulah sekelumit cerita waktu kondisi badan down, dan mulai lupa menulis di blog pribadi ini. Ditambah juga denga beberapa kesibukan lainnya di kampus dan luar kampus membuat blog ini jadi kurang terurus. (Yang sabar ya..) :D

Hari ini, sudah 4 bulan dari saat aku terkakhir menulis di blog, sejak 17 Agustus sampai 17 Desember 2011.
Bedanya, waktu tanggal 17 Agustus 2011 itu hari Jumat, sedangkan sekarang 17 Desember 2011 adalah hari Sabtu. Mungkin segini dulu cerita-ceritunya, ntar disambung lagi lah !

So guys, keep smiling and keep going !
Have a nice day !

Selasa, 16 Agustus 2011

Catatan kecil memperingati HUT RI ke 66

Merdeka !!
Satu kata untuk mengungkapkan rasa bangga terhadap para pahlawan bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan RI. Tepat 66 tahun yang lalu, 17 Agustus 1945, Indonesia resmi merdeka dengan diproklamirkannya teks proklamasi oleh Bung Karno dan Hatta. Saat itu, semangat 45 memang berkobar dimana-mana mengumandangkan kata-kata "Merdeka !!" , dan kata itu mungkin bisa ibaratkan sebagai kata keramat untuk membangkitkan semangat para pejuang di zamannya. Siapapun pasti merasa bahagia jika bisa bebas dari belenggu penjajahan, begitu juga dengan bangsa ini. Sukurnya saya saat ini bisa bernapas dengan tenang tanpa dihantui rasa takut oleh para penjajah waktu itu, seperti Belanda, Inggris dan Jepang.

Saat ini 17 Agustus 2011,
66 tahun tekah berlalu sejak pertama kali teks proklamasi dikumandangkan. 
Lantas pertanyaannya, apakah bangsa ini telah benar-benar lepas dari belenggu penjajahan ??
Atau justru tantangan bangsa ini justru lebih berat daripada hanya merebut kemerdekaan, yaitu mempertahankan kemerdekaan, dan memajukan pembangunan negara.

Mungkin saya bukan orang yang tepat untuk mengklaim apakah sebenarnya Indonesia saat ini sudah benar-benar merdeka atau sebenarnya justru kita masih dijajah oleh beberapa hal, seperti perekonomian yang masih didominasi oleh bangsa Barat terlebih lagi dengan adanya globalisasi, sistem pemerintahan yang masih belum jujur dan bersih, kemiskinan yang masih merajalela, pendidikan yang mahal, banyaknya rakyat yang kelaparan, dan sebagainya. Lantas apa bedanya bangsa kita saat ini dengan sebelum merdeka kalau ternyata masalah-masalah seperti yang disebutkan di atas malah belum dapat terpecahkan, atau bahkan diperkeruh oleh bangsa kita sendiri !

Well, saya disini berbicara sebagai seorang mahasiswa yang berusaha sedikit melihat permasalahan bangsa ini melalui refleksi kemerdekaan RI yang ke-66. Mungkin sebagian kita juga lupa bahwa semua warga negara Republik Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar bagi kemajuan bangsa, dan kesejahteraan rakyat. Tapi faktanya saat ini, masih banyak hak-hak yang terabaikan untuk menjadi sebagai bangsa yang benar-benar merdeka. Kita semua mungkin juga sudah sangat paham tentang apa yang terjadi, bahkan kalau mau dipaparkan secara mendalam akan memakan waktu yang lama dan terkadang sulit menemukan titik temunya. Apakah sebenarnya kita mampu ? Atau barangkali kitanya yang tidak mau ??

Bagi sebuah negara yang merdeka, 66 tahun mungkin bukanlah waktu yang sebentar, tapi juga tidak dapat dikatakan waktu yang lama untuk akhirnya menjadi sebagai negara yang memiliki kehormatan yang tinggi di mata internasional. Jika kita melihat dari sejarah negara-negara barat, mereka bisa maju seperti ini juga bukan tanpa sebab. Mereka sudah lama merdeka, dan jauh lebih duluan daripada negara kita, Indonesia. Berikut daftar hari kemerdekaan berbagai negara di dunia.
1. United States : 4 Juli 1776
2. Portugal : 5 Oktober 1143
3. Belgia : 21 Juli 1831
4. Argentina : 9 Juli 1816
5. Finlandia : 6 Desember 1917
6. Irlandia : 24 April 1916
7. Switzerland : 1 Agustus 1291
8. Turkey : 29 Oktober 1923
9. United Arab Emirates : 2 Desember 1971
10. Uruguay : 25 Agustus 1825
11. Venezuela : 5 Juli 1811

Dan beberapa negara yang sering menjajah bangsa-bangsa di dunia diantaranya sebagai berikut :
1. Spanyol
2. United Kingdom
3. Japan
4. France
5. Netherland

Mungkin, kalau dibilang udah tua, juga gak.. Sebab negara ini dijajah cukup lama, dan pernah dijajah oleh 4 negara yang berbeda, seperti Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Waktu kita untuk benar-benar memajukan negara ini menjadi terhambat untuk berperang melawan penjajah. Dulu bahkan Indonesia pernah menjadi salah satu sumber kekuatan dunia melalui kerajaan-kerajaan di zamannya, seperti Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Sriwijaya, dan Kerajaan Majapahit. Tapi memang zamannya berbeda, dan kita tidak boleh puas oleh kejayaan masa lampau. Dengan kata lain, tugas kitalah generasi muda untuk meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini, dengan berbagai beban yang cukup berat hasil akumulasi kesalahan orang-orang terdahulu dan dengan bekal pelajaran dari orang terdahulu pula. Belum ada kata terlambat untuk belajar, dan memajukan bangsa ini, walau mungkin gak banyak yang bisa kita lakukan, tapi jika tiap individu tersebut bersatu padu, bukan gak mungkin bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan dihormati oleh dunia internasional. Amiinn..

Ada satu pertanyaaan yang cukup menarik, kalau kamu diberi pilihan saat lahir, kamu mau milih menjadi warga negara mana ? Warga Negara Indonesia, Jerman, Inggris, atau yang lain ?? Lantas jawabnya apa dong ? Mungkin setiap kita punya versi jawaban masing-masing, sebab isi otak kita juga berbeda. Tapi satu hal, kenapa kita mesti malu menjadi bangsa Indonesia ?? Mungkin saat ini memang bangsa kita belum bisa menjadi negara superpower, tapi toh minimal bangsa kita juga memiliki sejarah yang cukup indah untuk diceritakan... hehehe.

Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang begitu berlimpah ruah, lautan yang luas dengan berbagai kekayaan lautnya, garis pantai yang panjang sebagai aset pariwisata, tanah yang subur untuk bercocok tanam dan dijuluki sebagai negara agraris, iklim yang mendukung sepanjang tahun, dan lainnya. Lalu, masalahnya dimana koq negara kita masih gini2 aja ?? Sebagian besar berpendapat ini dikarenakan Sumber Daya Manusia Indonesia yang masih belum maju, sehingga kita tidak memiliki daya upaya untuk memanfaatkan sumber kekayaan tersebut secara mandiri. Alhasil, kekayaan alam kita banyak yang disalahgunakan untuk kepentingan negara lain, banyaknya tenaga kerja luar yang disewa, mengimpor BBM yang seharusnya bisa kita produksi sendiri, bahkan hasil pangan pun kita impor... Wew !! Gokil juga ya.. 

Anehnya, SDM Indonesia yang terdidik pun banyak yang lari ke luar negeri akibat di negara sendiri keahliannya seakan tak dihargai.. Sudah banyak buktinya, dan tidak usah disebutkan satu per satu. Akibatnya ya Indonesia masih sulit untuk menjadi negara kuat dan mandiri, atau dengan kata lain jika seperti ini terus negara kita masih akan banyak bergantung kepada negara lain. Habisnya ya wajar saja kalau banyak yang menetap di luar negeri kalau toh disana mereka lebih dihargai dan diberi kehidupan yang layak. 

Mungkin itu dulu kali ya yang bisa ane share, lain kali kita cerita-cerita lagi... 
Capek juga ngetik soalnya gan ! hehe

Mari terus bersatu padu, dan tetap semangat..!!
Merdeka !!
Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-66 !! 
(Sebuah persembahan kecil bagi seluruh jiwa yang tak pernah disebutkan dalam buku sejarah bangsa)

Cheers... :D
Salam.

(seru banget ni bocah ngibarin bendera sambil main air, jadi pengen ikutan..! hahah)


Ini ada tambahan lagu Indonesia Raya Edisi Awal :

Jumat, 12 Agustus 2011

Apakah ruh itu benar ada atau tidak ??

Nah gw lagi ada satu topik yang cukup menarik untuk dibahas nih,
Mungkin topik ini juga udah dari dulu sering dipertanyakan orang tentang kebenarannya.
"Apakah ruh itu benar ada atau tidak ?"
Oke, pertama gw mau nanya dulu, apakah kita semua percaya 100 % dengan yang namanya ruh ??
Atau masih ada yang belum yakin 100 % bahwa ruh itu benar2 ada ?!!
Oke mari ikuti dulu alurnya sebelum memberi komentar..

Ruh atau roh (soul) tidak ada yang dapat mengartikannya secara gamblang dan benar2 valid sampai saat ini. Mungkin ada sebagian dari kita menganggap bahwa ruh itu hanya akal-akalan manusia saja, dan tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Eits, tunggu dulu ! Jangan salah, semua bisa dijelaskan hanya saja mungkin ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan oleh manusia akibat keterbatasan otak manusia dan ketidakmampuan manusia dalam menggapai hal-hal yang sifatnya ghoib.  Disini gw pribadi gak bisa memberikan penjelasan hanya dari sisi ilmiah, tapi harus dikaitkan dengan agama, sebab memang seperti itulah kondisinya. Hanya saja gw coba berusaha menjabarkan secara seimbang antara penjelasan yang bersifat ilmiah dan religi. 

Kenapa gw tertarik untuk menjelaskan topik ini, sebab gw rada emosi saat membaca pernyataan dari Prof.Hawking yang mengatakan, "Bagi saya otak itu seperti komputer yang akan berhenti ketika komponennya rusak.Tidak ada surga atau kehidupan setelah mati bagi komputer-komputer yang rusak.Itu hanya cerita bohong bagi orang yang takut kegelapan."

Jujur pas ngebacanya agak kaget juga, koq bisa-bisanya dia memberi pernyataan seperti itu. Pertanyaan yang langsung muncul adalah, "landasannya apa?" Apa dia terlalu pintar atau mungkin menjadi semakin "aneh" akibat kepintarannya. Koq bisa-bisanya menganggap manusia ibarat komputer, dimana manusia menciptakan komputer sedangkan manusia diciptakan oleh sang khaliq, Allah swt. Dari segi awal penciptaannya saja sudah beda, koq bisa2nya dia menganggap manusia sama seperti komputer, kalau rusak terus dianggap menjadi seperti bangkai elektronik biasa. WTF !!! hehe

Ada lagi pernyataan dari jenius Einstein yang hampir setuju dengan anggapan bahwa ruh itu sebenarnya omong kosong belaka.
Albert Einstein, letter of February 5, 1921:
"The mystical trend of our time, which shows itself particularly in the rampant growth of the so-called Theosophy and Spiritualism, is for me no more than a symptom of weakness and confusion. Since our inner experiences consist of reproductions, and combinations of sensory impressions, the concept of a soul without a body seem to me to be empty and devoid of meaning."

Gw coba cari landasan berpikir mereka terlebih dahulu sebelum gw berusaha membantah pernyataannya. Gw berasumsi bahwa mereka adalah orang yang mendasarkan segala sesuatu berdasarkan teori dan fakta ilmiah, sehingga ketika mereka tidak dapat menjelaskannya secara ilmiah untuk saat ini, mereka akan mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos atau omong kosong belaka. Mereka mungkin bisa beranggapan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri manusia merupakan interaksi dari fungsi organ manusia disertai reaksi kimia yang terjadi di dalamnya. Tapi pernahkah mereka berpikir bagaimana fungsi organ manusia tersebut bisa bekerja tanpa adanya suatu penggerak ? Jantung, paru-paru, dan lainnya hanyalah benda mati yang tidak dapat bekerja secara sendiri tanpa ada sesuatu yang membuatnya bekerja. Bahkan saat pertama kita lahir, siapa coba yang membuat semua fungsi organ yang kita miliki ini bisa bekerja secara otomatis ?? Bahkan otak manusia pun menurut saya tidak akan bekerja tanpa adanya suatu penggerak. Apakah penggerak tersebut ? Penggerak/pengelola tersebut haruslah sesuatu yang bersifat hidup walau mungkin wujudnya tidak tampak. Itulah mungkin yang selama ini kita katakan sebagai ruh. Tapi saya juga masih belum bisa memastikan 100 % tentang definisnya sebab tidak ada yang dapat menjelaskannya secara gamblang sampai saat ini. 

Ketertarikan terhadap ruh ini juga berlangsung sejak lama, bahkan di Inggris tepatnya tahun 1882 dibuat sebuah persatuan pembahasan ruh. Mereka bekerja keras dengan penuh ketelitian, ketekunan, dan penuh kesungguhan untukmengungkapkan misteri ruh ini. Tapi apa yang terjadi, ternyata semuanya berakhir dengan ketidakpuasan.

Ruh dari sisi Islam memang suatu hal yang bersifat ghoib, tidak bisa dilihat, atau diraba tapi bisa dirasakan. Dalam Al-quran juga telah dijelaskan tentang ruh, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw melalui firman Allah swt : " Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tiadalah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". 

Ruh memang merupakan sesuatu yang abstrak, dan harus dilihat dari pendekatan agama. Kalaulah memang masih ada yang menyangkal bahwa ruh itu tidak ada dengan alasan semua yang terjadi pada diri manusia adalah proses kimia dan kinerja otak, maka perlu dipertanyakan apakah mereka bisa menghidupkan manusia atau bahkan menciptakan manusia. Kalau mereka beranggapan bahwa manusia ibaratsebuah komputer, lalu kalau jantung manusia berhenti berdetak, terus meninggal dunia, kenapa tidak ada manusia yang dapat menghidupkan kembali dengan cara menggantikan jantung manusia tersebut dengan yang baru ?? Atau pertanyaan yang lebih ekstrimnya adalah kenapa tidak ada manusia yang dapat menciptakan jantung yang sama persis dengan apa yang ia miliki sekarang, lalu menggantikannya dengan yang baru sehingga manusia bisa hidup selamanya. Ibarat sebuah komputer jika prosesor nya rusak, komputer akan masih bisa jalan dengan cara mengganti dengan prosesor yang baru atau dengan spare part yang lebih canggih dan up-to-date. Tapi kenapa manusia tidak bisa diperlakukan seperti itu ? Lantas apa lagi yang mau dibantah ?? 

Meski saat ini teknologi bisa dikatakan sudah maju, tapi ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Dengan kata lain, kita tidak dapat memisahkan agama dari setiap sendi kehidupan yang kita miliki. Mungkin penjelasan di atas masih ada yang kurang, kalau yang pengen kasih masukan atau membantah, dipersilahkan..

Terimakasih..



Beberapa referensi terkait:
http://id.shvoong.com/books/1849563-menyingkap-alam-ruh/
http://www.al-shia.org/html/id/quran/buku-dan/12.htm
dan berbagai sumber

Sabtu, 06 Agustus 2011

A Canceled One !

Ask :What does "One" refers to ??
Answer: My final assignment's presentation ! It's really a blue day... Owhh...
 

Rabu, 03 Agustus 2011

Hari-hari menjelang seminar Tugas Akhir

Jumat, 5 Agustus 2011 , hari dimana aku akan melakukan suatu ritual khusus bagi setiap insan di jurusan Teknik Sipil ITB yang sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir. Yap ! Seminar TA !! Itulah kami biasa menyebut namanya ! lol Memang waktu pelaksaanya tidak semua sama, kebetulan jadwal seminarku dapatnya tanggal 5 Agustus tersebut. 

Tinggal 2 hari lagi menjelang waktunya tiba, masih ada yang perlu disiapin selain mental dan kondisi fisik yang baik (pastinya bukan hanya soal hairstyle dan penampilan). hehe :D . Meski teman2 yang lain udah banyak yang lulus, tapi yang namanya Tugas Akhir musti diselesain. 

Dan ada satu keanehan yang terjadi, yaitu ketika sedang memikirkan tentang TA ini, tiba-tiba saya mendapati kenyataan bahwa ternyata menulis itu bukanlah suatu hal yang gampang. Bahkan ternyata Sastra Indonesia itu justru lebih sulit dari Sastra Inggris.Loh kenapa? Oke, kebanyakan dari hasil bincang-bincang dengan teman di kampus ternyata nilai Ujian Akhir Nasional untuk kelulusan SMA justru banyak yang kurang memuaskan di Bahasa Indonesia daripada Bahasa Inggris. Hal ini juga udah bisa dijadikan bahan untuk mengatakan bahwa memang Bahasa Indonesia itu lebih sulit daripada Bahasa Inggris. 

Tapi percaya atau gk, ternyata dalam penggunaan bahasa keseharian, justru bahasa Indonesia kadang lebih simpel daripada bahasa Inggris, walau mungkin gk semuanya kali ya. Untuk memastikannya lagi, mari ikutin sedikit frase yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Cekidot !

In English : I think what you have said before is not related to the case we talk about.
In Indonesian : Sotoy lo man !!

In English : You guys can go first then I'll be there after you.
In Indonesian :  Ntar gw nyusul dah !

In English : The meeting will start at 9:15 AM. Please be there 15 minutes beforehand.
In Indonesian : Rapatnya Jam 8 !!

In English : Are you really sure about your previous statement ?
In Indonesian : SUMPEH LO ??!

In English :  Would you like to explain more about the statement ?!
In Indonesian : MAKSUT LOH ?!!

In English : Wow, that's cool ! You really made it bro !!
In Indonesian : Amponn kakakk...

In English : I'm so entertained by these series of event that I'm speechless and in awe !
In Indonesian : ANJROTT !!

In English : You're really extremely and absolutely  100% correct ! But I knew that already !
In Indonesian : EMBERRR !!

Hahaha.
Gmana tuh ??
Ada masukan lain gak ?? :D


Selasa, 02 Agustus 2011

What should we do in fasting month ?

Memasuki hari ke-3 di bulan Ramadhan.. Mau share dikit tentang resolusi bulan ramadhan, semoga bisa terlaksana dengan baik untuk kali ini.. Ya minimal, bisa dioptimalkan dengan maniss..! sedaapp !! hihi
Mungkin ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperbanyak pahala puasa di Bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan oleh baginda Rasulullah saw. Let's cekidot !


Beberapa kebiasaan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa
 di bulan Ramadhan yaitu :

1. Memperbanyak sedekah.
2. Memperbanyak membaca Al Qur`an.
3. Mengakhirkan waktu sahur.
4. Memperbanyak sholat malam, seperti sholat tahajjud dan sholat tarawih .
5. i`tikaf
I`tikaf bermakna diam, tinggal atau mengurung diri di suatu tempat tertentu. Secara syariat, i`tikaf adalah diam dan tinggalnya seorang muslim dalam keadaan suci di mesjid. Tujuannya beribadah dengan disertai niat.
6. Menghidupkan sepuluh malam terakhir.
Menghidupkan sepuluh malam terakhir adalah beribadah, baik itu dengan sholat malam, membaca Al` Qur`an ataupun dengan berzikir dan berdoa. Dikhususkan waktu sepuluh hari terakhir karena hari-hari itu telah mendekati berakhirnya bulan Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh berkah. Nabi Muhammad SAW ingin mengakhiri bulan Ramadhan dengan beribadah sungguh-sungguh sebelum bulan itu berlalu. Selain itu [ada sepuluh hari terakhir ini adalah waktu yang bertepatan dengan turunnya Lailatul Qadar.
7. Bersungguh-sungguh mencari Lailatul Qadar .
Lailatul Qadar artinya malam kemulian, yaitu malam diturunkannya Al Qur`an. Malam ini lebih baikdari seribu bulan atau delapan puluh tiga tahun beberapa bulan.

Senin, 01 Agustus 2011

Marhaban ya Ramadhan

Halo..
Akhirnya selesai juga puasa hari pertama di bulan Ramadhan 1432 H ini. Perjalanan masih panjang, masih tersisa 28 hari lagi, dengan kata lain, musti berjuang sampai akhirnya bisa meraih hari kemenangan..
Mungkin ini momen yang cukup penting, sebab Ramadhan hanya datang sekali dalam setahun, dan ini merupakam bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia.. I'm proud to be a moslim ! But importantly I don't want to ruin the others, so just keep it good that we can all take the essence of this life..  hoho. ^_^

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana manusia bukan hanya belajar untuk menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan emosi serta melatih kesabaran.. Hmm, dulu pernah mendengar perkataan bahwa "Orang yang kuat bukanlah hanya dinilai kuat secara fisik, tapi juga harus kuat dalam menahan emosi serta nafsu pribadi". Islam merupakan agama yang universal, dimana setiap ajaran yang ada dalam Alquran merupakan ajaran yang bersifat rasional serta dapat diterima logika. Jadi ya wajar saja jika puasa sebenarnya dapat dijelaskan secara sederhana tentang manfaat dan tujuannya. Dilihat dari segi kesehatan, bahkan puasa dapat meningkatkan kadar kesehatan seseorang, sebab hal ini terbukti dari berbagai penelitian yang telah dilakukan bahwa puasa merupakan cara yang paling baik dalam menjaga kesehatan manusia. Subhanallah..!!

Jujur, saya pribadi masih banyak sekali harus belajar tentang agama, dan banyak hal. Bahkan setiap kali menemukan hal baru, rasanya saya semakin kelihatan kecil dihadapan-Nya. Allahuakbar !! Allah Maha Besar... Memang manusia hanya makhluk kecil yang tidak ada apa-apanya..

Bersyukur sekali rasanya masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini...Bahkan mungkin sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, senang, haru, bahagia bercampur aduk.. hehe. Semoga kita semua dapat  terus berjuang di bulan Ramadhan ini, dan berhasil meraih hari kemenangan nantinya..! Aamiinn... :D

Oh ya special case untuk hari ini, mahasiswa baru udah diarak masuk ke kampus dan diperlihatkan dengan massa kampus. Seru juga ngeliatinnya, sambil membayangkan seperti itulah kira2 saya diteriakin ama massa kampus ! hahaha

Btw, kembali ke topik utama, ini ada gambar2 yang menarik untuk menyemangati diri di bulan Ramadhan..
sumber gambar : tiaraantik.com

Jumat, 29 Juli 2011

Tips dalam memilih gitar elektrik

Bagi sebagian music-lover, gitar bukan hanya sebagai alat musik, tapi juga dapat dijadikan sebagai teman, baik dikala suka maupun duka. Gitar memang memiliki beberapa kriteria yang berpengaruh terhadap kualitas suara dan juga harga. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat digunakan dalam memilih/membeli gitar elektrik, yaitu sebagai berikut :
1. Pertimbangkan tipe, merk dan ukuran gitar 
Tipe gitar memiliki variasi yang beragam dan unik, serta merk nya pun dapat disesuaikan dengan genre musik yang kita cendrung nikmati. Contohnya: untuk genre musik rock kebanyakan merk gitar yang ditawarkan seperti Ibanez,fender,rockwell, dsb ; sedangkan untuk genre blues kebanyakan merk gibson. Tapi itu tidak selalu dapat dijadikan acuan, sebab hal ini dapat disesuaikan juga dengan kualitas suara yang diinginkan.Dari segi ukuran biasanya dilihat dari segi berat gitar dan lebar neck gitar, sehingga untuk hal satu ini bersifat subjektif tergantung dari tiap individu sebab tiap orang memiliki ukuran tangan dan kemampuan yang berbeda.

2. Cek kondisi fisik gitar
Kondisi fisik gitar yang dimaksud meliputi body gitar, neck, pickup, fret, tuning pegs, dan sebagainya. Jangan sampai ada yang tidak lengkap atau rusak. Untuk mengetahui lebih jelas tentang detail fisik gitar elektrik dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


3. Pertimbangkan Body Gitar
Untuk body tidak selalu harus memilih tipe solid body, sebab jika tipikal suara yang diinginkan cenderung akustik dengan tingkat amplifikasi yang tinggi maka lebih bagus memilih body gitar tipe semi hollow (agak hampa), dan jika suara yang diinginkan lebih nge-jazz maka lebih bagus memilih tipe body hollow. Solid body biasanya emang cenderung banyak dipilih sebab memiliki suara yang bagus dari segi sustain, serta amplifikasi yang keras.
 

Dari kiri ke kanan : Tipe body hollow(coklat), semi-hollow (merah), dan solid body (biru)

4. Sesuaikan Budget
Untuk poin satu ini menjadi sangat berarti sebab tidak mungkin memaksakan keinginan tapi kondisi keuangan lagi tidak mendukung. Untuk itu sesuaikan dengan budget yang dimiliki agar tetap dapat membeli gitar elektrik tanpa harus mengurangi budget yang lain, kecuali jika budget memang berlebih.

5. Check Sound Gitar
Untuk lebih meyakinkan apakah kualitas suara benar-benar sesuai dengan yang diinginkan, maka lakukan check sound dengan menyambungkan gitar ke amplifier dan memainkannya. Ketika dimainkan coba cek suara yang dihasilkan apakah ada yang baling atau noise ketika gitar dimainkan. Jika suara sudah sesuai dan pas maka gitar sudah dapat dibeli segera mungkin.

Semoga bermanfaat.. :)

Kamis, 28 Juli 2011

Penembakan Ipeh si Gadis Sekseh

Mau share dikit, komik buatan ane, maaf kalau agak garing..
Semoga tidak mengganggu waktunya ya.
Cekidoot !

Captain AmeRica - Bukan Ame yang lain ! :D

Eh ternyata Captain America udah keluar !
Tapi sayangnya belum nonton, berhubung isu politis nan dilematis antara pihak Group 21 dengan Pemerintah yang mewajibkan perusahan provider film harus membayar pajak yang udah nombok sekitar lebih dari 200 miliyar rupiah kalau gk salah, akhirnya banyak film luar yang gak bisa diputar di bioskop Indonesia. Huft !

Tapi mau gmana lgi, yang namanya pajak kan musti dibayar..
Kalau tidak bagaimana pemerintah mau bangun ini negara ! Benar gak ? (Benarin aja lah ya..!)
Akhirnya remaja-remaji Indonesia banyak yang bingung pada mau nonton dimana, untuk menanggulanginya adalah dengan membeli dvd bajakan ! Ssttt.. Jangan keras2 ya ! haha.

Emang kalau mau dibandingin enakan mana nonton di rumah ama di bioskop, tentu saja di bioskop, dari sound system aja udah beda, tampilan layar lebih menggigit, belum lagi kalau ada scene yang "menantang", dan ditambah lagi kalau ramaian kan jadi lebih seru... Kalau kata orang sih, ALONE + NONTON itu sama dengan MONOTON ! hihi.

Oh iya ini ada sedikit komik ane buat dengan menggunakan gambar2 dari scene film Captain America !
Cekidot !


Gmana gan ? Garing ya komiknyaa ?
Maaf yee.. hehe.

Oh iya, ini ada tambahan pikcer si film Captain America !

Untuk ceritanya sendiri ane belum nonton, jadi ntar dulu lah ya cerita2 nya..
Film lain yang recommended buat ditonton yaitu Harry Potter, the last story where it all ends !
Selamat menambah referensi film dah ! 

Selasa, 26 Juli 2011

What will you do with these stuffs ?

Halo..
Selamat malam, eh selamat tengah malam maksudnya..!
Whateverlah.. haha

Habis ngeliat sesuatu yang bagus terkadang membuat kita ingin memilikinya.
Ya wajar sajalah, setiap manusia pasti memiliki sesuatu yang ingin sekali dimilikinya.
Sekarang, bagaimana jika dengan barang yang satu ini ??
Apakah anda juga tertarik ?
Let's cekidot !



Masih belum puas, bagaimana dengan yang berikut ??




What a beautifull sculpture !!
Andaiii saja bisa memilikinya... haahaha.
Ya itulah khayalan, mungkin untuk saat ini, tapi tidak tau kemudian hari..
Pertimbangannya bukan hanya dari segi harganya yang mahal, tapi juga pajak nya yang besar.
Untuk memilikinya, butuh sekali usaha yang luaarrrrr biasaa !! hehe.

Seplah, see ya !!

Everychild is Special

Film yang berjudul "Taare Zameen Par" ini dibintangi oleh aktor terkenal dari India bernama Amir Khan. Ia juga sekaligus menjabat sebagai produser film yang mengusung tema tentang pendidikan ini. Film ini menceritakan tentang kisah seorang anak penyandang disleksia yang bernama Ihsaan. Seperti penyakit disleksia lainnya, ihsaan tidak mampu mengerti dan membedakan beberapa huruf maupun angka dengan benar sehingga mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Akibatnya ihsaan yang masih duduk di kelas 3 SD itu pun sering mendapat cemoohan dari teman-temannya serta dimarahin gurunya.

Iya sering mendapatkan nilai jelek di sekolah serta sering melamun saat guru menjelaskan pelajaran di kelas. Ketika disuruh belajar oleh orangtuanya, ihsaan sering melawan dan tidak mengerjakan tugas rumah yang diberikan. Kondisi ini diperburuk dengan sikap ayah ihsaan yang keras, dan tidak memahami gejala yang ditunjukkan ihsaan lewat tulisannya yang sering terbalik, ketidakmampuan dalam melempar bola dan memperkirakan jarak. Ibu ihsaan pun juga sempat bingung dengan kondisi ihsaan, sehingga terus memaksa ihsaan belajar karena menganggap hal ini hanya disebabkan oleh kemalasan ihsaan. 

Suatu saat ihsaan sempat membohongi guru nya dengan membuat surat absen palsu. Tapi ternyata hal ini diketahui belakangan oleh ayah nya secara tidak sengaja. Lantas ayah ihsaan pun marah setelah mengetahui bahwa ternyata ihsaan membuat surat absen palsu tanpa sepengetahuan ibunya. Ihsaan beserta kedua orangtuanya lantas mengahadap guru dan kepala sekolah untuk menanyakan perihal anak mereka. Ternyata beberapa hari belakangan ihsaan sering mendapat nilai ujian jelek, dan kertas ujiannya tidak diserahkan kepada ibu nya. Kepala sekolah pun berpendapat bahwa ihsaan mengalami keterbelakangan mental, dan menyerah dengan tingkah laku ihsaan. 

Orangtua ihsaan masih belum dapat menerima perkataan kepala sekolah tersebut yang mengatakan anaknya mengalami keterbelakangan mental, sebab bagaimana mungkin ihsaan bisa seperti itu sementara anak pertamanya yang bernama Yohan selalu mendapatkan peringkat teratas dan jago bermain tenis. Ayah ihsaan pun tanpa pikir panjang langsung merencanakan memindahkan  ihsaan ke sekolah asrama dengan harapan anaknya bisa lebih disiplin dan mandiri. 

Tentu saja ihsaan langsung memberontak dan merasa sedih, dimana ia harus berpisah dengan orangtua serta lingkungan yang selama ini menjadi tempat bermain dan berlindungnya. Ia akhirnya mengalami depresi berat akibat tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya yang memaksanya harus disiplin, tanpa seorangpun mengetahui apa penyebab permasalahannya selama ini. Ia bahkan berhenti melukis, padahal selama ini ia selalu melukis dan lukisannya pun bisa dikatakan bagus untuk ukuran anak seumurannya. 

Sampai tiba seorang guru magang kesenian bernama "Ram" (Amir Khan) yang menyadari gejala yang ditunjukkan oleh ihsaan. Ia dulunya sempat mengalami apa yang dialami ihsaan saat ini, sama seperti penyandang dileksia lainnya. Ia lantas mulai mencari kepastian tentang apa yang dialami ihsaan dengan mengunjungi rumah kedua orangtua ihsaan, dan memperhatikan gejala yang ditunjukkan ihsaan seperti tulisannya yang terbalik, kesulitan dalam menulis angka dan huruf, memperkirakan jarak, serta melempar bola.

 Tapi ayah ihsaan begitu keras kepala tidak mau menerima masukan dari guru seni bernama Ram tersebut sehingga akhirnya Ram memutuskan untuk mulai membangkitkan semangat ihsaan secara perlahan dengan menjelaskan bahwa penyandang disleksia bukanlah hal yang lemah, justru sebaliknya. Banyak nama besar di dunia ini dulunya merupakan seorang penyandang disleksia, contohnya Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, dan Abisheek Bachan. Dengan motivasi yang diberikan tersebut, Ihsaan mulai sedikit demi sedikit membangkitkan semangatnya dan diajari huruf dan angka oleh Ram secara lebih intensif dan dengan pendekatan yang lebih baik. 

Ram menyadari kelebihan ihsaan di bidang kesenian, lantas ia pun mengadakan lomba melukis bagi seluruh warga di sekolah tersebut baik itu murid maupun guru. Ihsaan pun ikut serta dalam perlombaan tersebut dengan kondisi yang masih belum pulih sempurna akibat tekanan yang ia alami selama ini. Ia memang sering menyendiri selama berada di asrama dan memperhatikan pemandangan yang berada dekat dengan asramanya. Ternyata ihsaan coba mengekspresikan imajinasi tersebut lewat lukisan yang dibuatnya dalam perlombaan seni lukis yang diselenggaran oleh Ram dan pihak sekolah.  Ihsaan akhirnya mendapatkan juara 1 dalam perlombaan seni lukis itu dan bahkan hasil lukisnya dijadikan  cover buku tahunan para siswa-siswi di sekolahnya. 

Dan dengan prestasi yang diraih ihsaan tersebut, orangtuanya merasa bangga dan bahagia dapat melihat ihsaan kembali bersemangat menjalani hari-harinya. Film ini bukan hanya menghibur tapi juga mendidik serta memberi tahu penonton tentang bagaimana menghargai dan memahami kemampuan anak lewat perilaku yang ditunjukkan. Sebagaimana judul film ini bahwa setiap anak adalah spesial, mungkin Amir Khan ingin mengatakan tentang kecintaan pada dunia pendidikan dan anak-anak sehingga setiap anak dapat merasa dihargai bukan hanya dari persepsi masyarakat, tapi dilihat juga dari apa yang telah berhasil ia lakukan.

Pengen tau lebih jelas ?? Silahkan nonton sendiri filmnya.. 
Selamat menonton..! :)

Sabtu, 23 Juli 2011

Sabtu ini, kembali lagi berolahraga futsal setelah vakum beberapa saat.. Efek setelah futsalan, badan langsung terasa kaku dan pegal, untuk itu mari kita melemaskan badan sejenak...

Kamis, 21 Juli 2011

Dear dear dear...
Setelah cukup lama tidak menulis di blog, akhirnya menyempatkan diri lagi untuk menulis di blog yang tak seberapa ini..
Apakabar dengan warga citizen semuanya ??
Wah barangkali saya sudah melewatkan hal2 baru yang ada di dunia maya, but I think it's ok.. Cuz I have some prior things to do in my real world.. yah, mungkin juga akibat ada kejaran yang harus diselesaikan, tapi cukup senang bisa kembali nge-blogging malam ini. yap !

Saat ini pukul 23.15 WIB, dan cuaca di luar seperti biasa, dingin dan terkendali.. Dengan ditemani nuansa musik jazz yang kental, dan sedikit berbau blues, saxophone, membuat malam ini begitu jazzy ! Kosan lagi sepi, anak2 mungkin udah pada tidur, dan kadang terdengar suara sayup2 dari luar, bukan sesuatu hal mistis, karena itu suara jejak security yang sedang bertugas malam... hoho.

Ntah kenapa, hari ini badan terasa sangat kaku dan pegal, mungkin efek beberapa hari belakangan yang cukup padat, dan ditambah lagi latihan barbel yang terlalu dipaksa membuat otot menjadi kaku dan sedikit cenat cenut.. ups ! :D Makanya seharian ini belum ada nyentuh si barbel, dia juga mungkin kesepian gk dibelai seharian kali ya ! haha, santai ya bel ! *bukan bela, atau abel, tapi hanya panggilan mesra untuk si barbel. :D

Hmm..
Belakangan juga udah jarang liat berita, jadi mungkin sedikit ketinggalan info ni gan !
Maap2 aja kalau jdi kurang update y, ini juga rencanya mau browsing tentang berita2 terbaru, biar dibilang up -to-date gtu..! aishh... -____-"

Oke deh, ane pamit dulu deh kalau gtu !
See you all citizen !!

Senin, 11 Juli 2011

Zombie inside

Mungkin sebagian orang juga menyadari bahwa di balik sisi putihnya terdapat sisi lain yang gelap dan hitam ! Tapi bukan berarti hal itu mengarah kepada sesuatu yang jelek atau buruk, tapi bisa dijadikan sebuah kekuatan yang tersembunyi, hanya saja belum terekspresikan secara sempurna di dunia nyata. Konsep "Black Syndrome" secara sederhana saya buat untuk melihat sisi gelap yang ada di dalam diri saya yang menjadi sebuah kekuatan tersembunyi yang mungkin tidak dapat terlihat secara mata telanjang ! *maaf agak vulgar. haha. 


Rabu, 06 Juli 2011

Owl City - Fireflies Lyric

OWL CITY – FIREFLIES


You would not believe your eyes
If ten million fireflies
Lit up the world as I fell asleep
Cuz they fill the open air
And leave teardrops everywhere
You think me rude, but I would just stand and stare

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems

Cuz I get a thousand hugs
From ten thousand lightning bugs
As they try to teach me how to dance
A foxtrot above my head
A sockhop beneath my bed
The disco ball is just hanging by a thread (thread, thread)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

Leave my door open just a crack
(Please take me away from here)
Cuz I feel like such an insomniac
(Please take me away from here)
Why do I tire of counting sheep?
(Please take me away from here)
When I'm far to tired to fall asleep

To ten million fireflies
I'm weird cuz I hate goodbyes
I got misty eyes as they said farewell (said farewell)
But I know where several are
If my dreams get real bizarre
Cuz I saved a few and I keep 'em in a jar

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Cuz everything is never as it seems (when I fall asleep)

I'd like to make myself believe
That planet earth turns slowly
It's hard to say that I'd rather stay awake when I'm asleep
Because my dreams are bursting at the seams
 

Mutu Beton

Ups, pengen nge-share sedikit pengetahuan dasar tentang ketekniksipilan,
Bagi yang mungkin pengen tahu apa beda antara mutu beton yang menggunakan fc' dengan yang menggunakan K-.. , mungkin bisa jadi referensi. Nilai mutu beton sendiri menyatakan kekuatan tekan terhadap luas bidang permukaan. Nah lebih lanjut coba dilihat uraian berikut :

Mutu Beton dengan fc'

Apa itu beton dengan mufu fc' 24 ?? Artinya beton tersebut memiliki kekuatan tekan minimum sebesar 24 MPa pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan silinder beton diameter 15 cm, tinggi 30 cm. Hal ini mengacu pada standar SNI 03-2847-2002 yang merujuk pada ACI (American Concrete Institute).
Dimana, 1 MPa = 10 kg/cm2

Mutu Beton dengan Karakteristik
Lalu, bagaimana dengan beton dengan mutu K-240 ? menyatakan kekuatan tekan karakteristik minimum adalah 240 kg/cm2 pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan kubus beton ukuran 15x15x15 cm. Mengacu pada PBI 71 yang merujuk pada standar eropa lama.

Tapi ternyata, kita tidak bisa langsung mengatakan 24 MPa sama dengan K-240, sebab ada perbedaan luas penampang benda uji yang digunakan antara kubus, atau silinder. Lebih jelas coba lihat di bawah ini :
Perbandingan fc' dan K
Dengan perbandingan kuat tekan benda uji :
Kubus 15x15x15 cm = 1,00
Kubus 20x20x20 cm = 0,95
Silinder 15x30 cm = 0,83
Contoh :
Mutu beton fc' 24 MPa (benda uji silinder), mutu beton K berapa?
Apabila benda uji kubus 15x15x15 cm
Kuat tekan = 240 kg/cm2 : 0,83
= 289,157 kg/cm2 ~ K-289

Jadi jangan coba, sesekali memesan mutu beton K-240 apabila di Rencana Kerja dan Syarat-syarat tercantum mutu beton fc’24 Mpa karena ini sangat berbahaya, bisa menimbulkan kegagalan struktur bangunan beton bertulang.

Minggu, 03 Juli 2011

Monorail Sebagai Salah Satu Upaya Pemecahan Permasalahan Transportasi Perkotaan

Dear all,
Kali ini saya ingin sedikit share tentang beberapa petanyaan yang mungkin masih sering kita dengar, apakah monorail bisa menjawab permasalahan transportasi di perkotaan ?? 
Sebagaimana judul yang ane cantumin di atas bahwa monorail merupakan salah satu upaya  dalam pemecahan permasalahan transportasi di perkotaan bukan berarti monorail merupakan satu-satunya solusi pemecahan masalah transportasi yang sering terjadi di ruas jalan perkotaan. Ini mungkin harus digarisbawahi, sebab sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Prof.Dr.Ir.Ofyar Z.Tamin, M.Sc. dalam perkuliahan di kampus Teknik Sipil ITB bahwa tidak ada solusi tunggal dalam permasalahan transportasi di perkotaan, seperti yang terjadi di Kota Bandung. Ane juga masih ingat gan kata-kata beliau dengan nada nya yang khas, "There is No One Single Solution!" hehe :D. Ini berarti kita tidak bisa mengatakan bahwa Monorail akan dapat menuntaskan permasalahan transportasi yang tejadi di perkotaan, tapi memang monorail dapat memberi pengaruh terhadap kinerja yang ada di beberapa ruas jalan perkotaan. 

Sebelumnya mungkin ada baiknya kalau kita sedikit menjelaskan tentang seperti apa idealnya sebuah jalan  dikatakan sebagai jalan perkotaan. Jalan di atau dekat pusat perkotaan yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 100.000 jiwa selalu digolongkan ke dalam segmen jalan perkotaan/semi perkotaan. Begitu juga dengan jalan di daerah perkotaan dengan jumlah penduduk kurang dari 100.000 jiwa dan memiliki perkembangan samping jalan yang permanen serta menerus, digolongkan ke dalam kelompok ini. Indikasi lebih lanjut tentang segmen jalan perkotaan/semi perkotaan yaitu karakteristik arus lalu lintas puncak pada pagi atau sore hari, secara umum lebih tinggi dan terdapat perubahan komposisi lalu lintas (dengan persentase kendaraan pribadi dan sepeda motor yang lebih tinggi, dan persentase truk berat yang lebih rendah dalam arus lalu lintas).

Dengan acuan di atas, kita dapat mengkategorikan apakah ruas jalan yang ditinjau termasuk ke dalam segmen jalan perkotaan atau tidak. Ini artinya perlu identifikasi terlebih dahulu sebelum menuju ke tahap selanjutnya. Terlebih lagi kita juga harus mengatahui karakter lalu lintas yang ada di ruas jalan eksisiting, sehingga tidak salah dalam melakukan analisis. Saat ini memang kondisi jaringan jalan di beberapa kota besar di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan, tapi bukan berarti hal ini menjadikan kita putus asa, dan langsung pindah ke luar negeri gan ! :P ckck. Nah coba misalnya agan ada dikerumunan seperti gambar di bawah ini, bagaimana perasaan agan..?
Gambar di atas mungkin masih potret kecil kondisi transportasi yang ada di kota besar Indonesia kali ya, sebab dari data statistik yang ada, ternyata Indonesia (Jakarta) berada di posisi ke-14 dari 20 kota termacet di dunia. Cukup bangga juga lah kita masuk daftar acara gan ! :P Untuk lebih jelasnya coba cek langsung di link berikut ! Yuuk mariii...

Lalu, bagaimana monorail bisa menjawab permasalahan transportasi tersebut ??
Sebenarnya, untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak dapat hanya dijelaskan dalam bentuk pernyataan, tapi harus dibuktikan dengan sebuah pemodelan ataupun kajian yang lebih mendalam. Tapi, mungkin saya tidak menjelaskan hal itu disini, berhubung akan memakan waktu dan tenaga yang banyak. Tapi kita mencoba membandingkan dengan sebuah logika sederhana, jika semua orang di perkotaan semakin lama semakin beralih menggunakan kendaraan pribadi, sementara kapasitas dari sebuah jaringan jalan yang tersedia terbatas, bahkan pertambahannya pun tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk dan pengguna kendaraan bermotor, maka yang terjadi adalah kemacetan di beberapa ruas jalan tersebut. Terlebih lagi saat ini 1 keluarga cenderung memiliki lebih dari 1 kendaraan pribadi, dan bayangkan saja jika dikalikan dengan jumlah keluarga yang ada di kota tersebut. Bisa jadi lautan mobil dan sepeda motor jika semua orang menggunakan kendaraan pribadi mereka. Untuk itu, perlu adanya sebuah moda transportasi yang dapat menampung kebutuhan perjalan yang ada di segmen jalan tersebut sehingga dapat mengurangi beban lalu lintas yang ada. 


Permasalahannya, apakah moda transportasi monorail memang benar-benar dapat menampung kebutuhan perjalan tersebut atau tidak ? Kita ambil contoh di Kota Bandung, sebab saat ini saya sedang kuliah di Bandung, sehingga mengambil contoh yang terdekat. Ada beberapa moda transportasi yang sudah tersedia saat ini, seperti angkutan kota (angkot) dan bus kota. Dilihat dari kapasitasnya memang ke dua angkutan umum ini cukup baik jika benar-benar digunakan dengan baik oleh masyarakat. Tapi apakah masyarakat mau menggunakan kendaraan umum tersebut atau tidak ? Bagaimana dengan faktor kenyamanannya, keamanannya, waktu tempuh, dan lain sebagainya. Nah hal ini yang akan menjadi pertimbangan juga bagi masyarakat perkotaan untuk menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Sehingga muncullah sebuah moda transportasi baru yang belum ada di Kota Bandung (tapi sudah banyak juga diterapkan di beberapa negara berkembang dan maju, seperti Malaysia, Singapura,Jepang, Amerika, dsb) yang berusaha menjawab kebutuhan tersebut. Ya sebut saja namanya "Monorail" ! (loh, koq jadi kayak berita terselubung gtu ya ! :D ).

Selain itu untuk perbandingan coba kita cek dengan detail subway yang rencananya akan digunakan di Jakarta, sebagai berikut :
Panjang : 13,5 km (Blok M-Kota)
Frekuensi : 5 menit (jam sibuk), 10 menit (di luar jam sibuk), 15 menit (malam hari)
Kapasitas Sistem : 45.000 penumpang/jam/ arah
Kecepatan maksimum : 85 km/jam
Kecepatan rata-rata : 35 km/jam
Waktu operasi : 18 jam (06.00-24.00)

Dari data di atas mungkin kita dapat sedikit memperkirakan bagaimana mesin tersebut beroperasi dan menampung mobilitas masyarakat. Mungkin ada yang lebih baik lagi yang dapat diterapkan, sesuai dengan kebutuhan yang ada. Tapi ya intinya, Monorail tersebut juga harus didukung dengan kebijakan lainnya, seperti penerapan manajemen lalu lintas yang baik, serta penegakan hukum yang baik pula. Sehingga, wajar saja kalau dikatakan bahwa monorail bukan satu-satunya solusi untuk menjawab permasalahan transportasi di perkotaan.

Tapi yang jelas, semoga monorail di Indonesia tidak menjadi seperti gambar di bawah ini ya sobat ! :D




Nah mungkin segitu dulu yap ! Apapun itu, segala masukan sangat dihargai, dan semoga bermanfaat.. :)

Sabtu, 02 Juli 2011

Harga Bahan Bangunan

Wah beberapa hari yang lalu ada yang nanyain tentang harga bahan bangunan, tapi berhubung kebanyakan harga tersebut tidak banyak yang mempublikasikan dan berbeda-beda untuk waktu dan lokasi yang berbeda, jadi ya ane bilang aja coba cari majalah teknik sipil khusus bangunan dan material gitu. Eh, tiba-tiba pas ane lagi iseng browsing, nemu juga harga bahan bangunan, walau mungkin gak bisa sama untuk kondisi yang berbeda.


Minimal ane coba bantu mempublikasikannya lah ya, semoga bermanfaat gan !


Daftar Harga Bahan Bangunan
(Harga tergantung tempat dan lokasi, bisa beubah sewaktu-waktu)

DAFTAR HARGA PASIR dan Batu
Pasir Pasang (per m3) Rp 140.000
Pasir Beton (per m3) Rp 140.000
Pasir Mondu (per m3) Rp. 160.000
Pasir Urug (per m3) Rp 95.000
Pasir Putih Bangka(per m3) Rp 175.000
Sirtu(per m3) Rp 95.000
Split (per m3) Rp 140.000
Makadam (per m3) Rp 130.000
Batu Kali Belah (per m3) Rp 125.000
Biscos (per m3) Rp 135.000
Sirdam (per m3) Rp. 125.000
Abu batu (per m3) Rp. 125.000
Tanah Merah (per m3) Rp. 95.000
Batu Bata Merah Pres Mesin (buah) Rp 450
Batu Bata Merah Proses Tangan (buah) Rp 300



DAFTAR HARGA SEMEN
Semen Cibinong (kujang) (50 kg) Rp 52.000
Semen Tiga Roda (50 kg) Rp 53.500
Semen Tiga Roda Putih (40 kg) Rp 70.000
Semen Gresik (50 kg) Rp 52.000
Semen Holcim Rp 53.000


DAFTAR HARGA HEBEL
Blok Reguler Tebal 10 mm (per m3) Rp 470.000
Blok Jumbo (per m3) Rp 450.000
Anak Tangga (per m3) Rp 2.000.000
Panel (per m3) Rp 250.000

DAFTAR HARGA BESI BETON
Diameter 6mm (12m) Rp 28.000
Diameter 8mm (12m) Rp 35.000
Diameter 10mm (12m) Rp 52.000
Diameter 12mm (12m) Rp 72.000
Diameter 16mm (12m) Rp 135.000

DAFTAR HARGA PAKU
A. Paku Kayu/Triplek
ukuran 1-4cm (per kg) Rp 18.500
ukuran 5-12cm (per kg) Rp 18.500

B. Paku Beton biasa (semua ukuran)/dus Rp 20.000 – 25.000
Paku Beton bagus (semua ukuran)/dus Rp 30.500

C. Kawat Beton Rp 16.000
D. Paku GRC Rp. 25.000

DAFTAR HARGA TRIPLEK
Tebal 3mm Rp 45.000
Tebal 4mm Rp 50.000
Tebal 6mm Rp 75.000
Tebal 9mm Rp 135.000
Tebal 12mm Rp 145.000
Tebal 15mm Rp 175.000
Tebal 18mm Rp 195.000
GRC BOARD Rp. 50.000

DAFTAR HARGA KACA
A. Kaca Bening
Tebal 3mm Rp 75.000
Tebal 5mm Rp 85.000
Tebal 8mm Rp 130.000
Tebal 10mm Rp 185.000
B. Kaca Rayben
Tebal 3mm Rp 65.000
Tebal 5mm Rp 62.500
Tebal 6mm Rp 125.000
Tebal 8mm Rp 220.000

DAFTAR HARGA PAPAN FIBER SEMEN
Papan Fiber Semen (GRC):
Ukuran Triplek :
Big Flat Elephant (120×200) 9mm Rp 46.000
Big Flat Elephant (122×244) 4mm Rp 43.000
Big Flat Elephant (122×244) 6mm Rp 70.000
Big Flat Elephant (122×244) 8mm Rp 95.000

Ukuran Papan :
Wood Plank Elephant (4050×100) 8mm Rp 50.000
Wood Plank Elephant (4050×200) 8mm Rp 65.000
Wood Plank Elephant (4050×300) 10mm Rp 75.000

DAFTAR HARGA PAPAN GYPSUM
Ukuran Gypsum :
Merk Jaya (120×240) 9mm Rp 60.000
Merk Elephant (120×240) 9mm Rp 50.000
Merk Knauf (120×240) Rp 48.000

DAFTAR HARGA KAYU
A. Reng
Meranti (2×3) per batang Rp 12.000
Meranti (3×4) per batang Rp 20.000
Borneo (2×3) per batang Rp 13.000
Borneo (3×4) per batang Rp 20.000
Kamper (2×3) per batang Rp 25.000
Kamper (3×4) per batang Rp 27.000

B. Kaso
Meranti (4×6) per batang Rp 40.000
Meranti (5×7) per batang Rp 49.000
Borneo (4×6) per batang Rp 28.000
Borneo (5×7) per batang Rp 43.000
Kamper (4×6) per batang Rp 47.000
Kamper (5×7) per batang Rp 70.000

C. Galar
Meranti (5×10) per batang Rp 70.000
Borneo (5×10) per batang Rp 60.000
Kamper (5×10) per batang Rp 95.000

D. Balok
Meranti (6×12) per batang Rp 80.000
Meranti (8×12) per batang Rp 120.000
Borneo (6×12) per batang Rp 75.000
Borneo (8×12) per batang Rp 95.000
Kamper (6×12) per batang Rp 180.000
Kamper (8×12) per batang Rp 200.000

DAFTAR HARGA CAT TEMBOK
A. Interior
Dulux (2,5 lt) Rp 150.000
Dulux (20 lt) Rp 1.000.000
Mowilex (2,5 lt) Rp 175.000
Mowilex (20 lt) Rp 850.000
Catylac (5 kg) Rp 75.000
Catylac (25 kg) Rp 340.000
Vinilex (5 kg) Rp 75.000
Vinilex (25 kg) Rp 365.000
Metrolite (5 lt) Rp 65.000
Metrolite ( 25 kg) Rp 350.000
Matex ( 4kg) Rp 50.000
Matex (25 kg) Rp 135.000
Profitex (5 kg) Rp 26.500
Profitex (25 kg) Rp 1.000.000

B. Eksterior
Dulux (2,5 lt) Rp 150.000 – 200.000
Dulux (20 lt) Rp 1.100.000
Mowilex (2,5 lt) Rp 150.000
Mowilex (20 lt) Rp 1.000.000

DAFTAR HARGA CAT KAYU
Dulux 1 kg Rp 40.000
Mowilex 1 kg Rp 58.000
Catylac 1 kg Rp 35.000
Glotex 1 kg Rp 35.000
Emco 1 kg Rp 35.000
Globe Supergloss Rp 30.000

DAFTAR HARGA GENTENG KERAMIK
Kanmuri Milenio (Double Interlocking)
- Warna Natural Rp 5.200
- Warna Standard Rp 6.300
- Warna Spesial Rp 8.400
- Warna Exclusive Rp 11.250

Kanmuri Espancia
- Warna Natural Rp 5.200
- Warna Standard Rp 8.500
- Warna Spesial Rp 9.500
- Warna Exclusive Rp 10.500

M Class (Double Interlocking)
- Warna Natural Rp 5.200
- Warna Standard Rp 5.900
- Warna Spesial Rp 7.750
- Warna Premium Rp 10.700
- Genteng Knok Natural Rp 14.000

DAFTAR HARGA GENTENG BETON
- Morando Rp. 2.500 – Rp. 3.200,-/pc (20pcs/m2)
- Berglazur Rp 3.000,-
- Natural Rp 1.700
- Moner Rp 4.700,- – Rp. 5.200,- (9pcs/m2)

IDEAL
- Berglazur Rp 2.650/pc
- Natural Rp 1.750/pc

DAFTAR HARGA GENTENG METAL
Sun Roof Venus
Ukuran 38,5 x 80 cm S/S Rp 21.500
Ukuran 38,5 x 80 cm D/S Rp 25.000

Sun Roof Pluto
Ukuran 38,5 x 80 cm S/S Rp 17.500
Ukuran 38,5 x 80 cm D/S Rp 19.500

DAFTAR HARGA ASBES
Jabesmen
150×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 38.000
180×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 43.000
210×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 48.000
240×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 53.000
270×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 63.000
300×105 (per lembar gelombang kecil) Rp 72.000

DAFTAR HARGA SENG
Seng Plat
Tebal 0.20 Rp 25.000
Tebal 0.25 Rp 35.000
Tebal 0.30 Rp 40.000

Seng Gelombang
Tebal 0.20 Rp 50.000
Tebal 0.30 Rp 60.000

DAFTAR HARGA PIPA PVC
- Wavin
0,5 inci Rp 16.000
0,75 inci Rp 21.000
1 inci Rp 28.000
2 inci Rp 60.000
3 inci Rp 118.000
4 inci Rp 197.000

- Rucika
0,5 inci Rp 24.800
1 inci Rp 43.500
2 inci Rp 50.540
4 inci Rp 168.000
8 inci Rp 635.000

- Lucky
0,5 inci Rp 8.500
0,75 inci Rp 12.600
1 inci Rp 15.000
2 inci Rp 33.300
3 inci Rp 64.000
4 inci Rp 102.300

- Unggul
0,5 inci Rp 8.300
0,75 inci Rp 10.900
1 inci Rp 15.000
2 inci Rp 26.600
3 inci Rp 39.500
4 inci Rp 54.500

- Maspion
0,5 inci Rp 12.000
0,75 inci Rp 15.000
1 inci Rp 20.000
2 inci Rp 50.000
3 inci Rp 100.000
4 inci Rp 150.000

Daftar Harga KERAMIK LANTAI
ARWANA
20×20
Tua Rp 35.000
Muda Rp 34.000

30×30
Putih Rp 29.000
Marble Rp 32.000
Fancy Rp 36.000

40×40
Putih Rp 29.000
Marble Rp 32.500

Daftar Harga LANTAI KAYU
Kronotec (per meter) Rp 225.000
HDM Glossy (per boks) Rp 550.000

Daftar Harga KERAMIK DINDING
20×20:
Roman
(putih) Rp 30.000 – Rp 45.000
(motif) Rp 33.000 – Rp 50.000

Masterina
(putih) Rp 40.000
(motif) Rp 50.000

KIA
(putih) Rp 35.000
motif) Rp 40.000

20×25:
Mulia
(warna muda) Rp 40.000
warna tua) Rp 45.000

IKAD
(warna muda) Rp 40.000
(warna tua) Rp 50.000

Roman
25×33 Roman Rp 45.000
33×50 Roman Rp 75.000
30×30 Hercules (putih) Rp 40.000
Acura (putih) Rp 35.000
KIG (warna) Rp 40.000
KIA (warna) Rp 40.000

60 x 60 Platinum Rp 125.000
30 x 60 Platinum Rp 75.000
58 x 58 Platinum Rp 110.000

Daftar Harga SANITARI
KLOSET DUDUK:
Sanremo Classis CCST Rp 1.300.000
Lexington Rp 3.500.000
Granada 3000 CCST Rp 1.100.000
Granada II Space CCST Rp 1.500.000
Projecta Rp 1.000.000

KLOSET JONGKOK:
Rapi EX Squat Rp 200.000

WASTAFEL/LAVATORY:
San Remo 55 Lava & Pedestal Rp 600.000
Studio 3000 Lava & Pedestal Rp 400.000
Studio 50 Lavatory Rp 200.000
Studio 45 Lavatory Rp 170.000

Daftar Harga GRANIT
Impero 40×40 Rp 120.000
Granito 40×40 Rp 200.000
Inesa 40×40 Rp 175.000
Niro 40×40 Rp 155.000
Essenza 40×40 Rp 172.000

Daftar Harga KUNCI
Firo Rp 270.000
Napoli Rp 25.000
Romaco Rp 65.000
Ferza Rp 32.000
Top Rp 30.000
Paloma Rp 400.000
Yale Rp 115.000
Beluci Rp 115.000


sumber: http://benerinrumah.wordpress.com

Bullet for My Valentine - Road to Nowhere Chord

Bullet for my valentine – ROAD TO NOWHERE




Intro: Bm--G--Asus--D-A/C#
Bm--G--Asus--A(hold)


Verse 1:
Bm          G                Asus4
Tired and lonely still we stand
               D    A/C#
On a road to nowhere
Bm             G                Asus4
Trapped in a world of endless days
                      D       A/C#
My engine's stalling (Road to nowhere)
Bm         G                 Asus4
Body and mind are breaking down
               D    A/C#
On a road to nowhere
Bm        G              Asus4
Destiny silent hear no sound
                 D A/C#
As I wait forever


Chorus:
G             A7
Farewell I'll miss you
    D                 Bm
I'm sick of these goodbyes
         G
Cause it tore us apart
right from the start
A7
  I miss you


Interlude: Bm--G--Asus--A(hold)


Verse 2:
Bm              G
Feelings have failed me
        Asus4
Left me cold
On this road to nowhere
 D       A/C#
(Road to Nowhere)
Bm              G
  Dreams are my saviors
        Asus4
Save me now
Cause I know I'm 
         D  A/C#
falling (Oh yes)


(Repeat Chorus)


Interlude: 

Distrotion: Bm-- x2 Bm-A-G--G-A-


Bridge:
Bm
Candles burn slowly
Flames shine so brightly
Light in the darkness
                Bm   A G   G A
Save me from madness a-gain
Bm
Only the lonely
could possibly know me
Heat keeps on rising
             Bm A G   A
Fire engulfs me a-gain
D        A/C#
KEEPS ON RISING


Interlude: Bm--G--A--D-A/C# x2


(Repeat Chorus twice)


Outro: D(hold)

Jumat, 01 Juli 2011

Broken Wings

Dear all...
Today I would like to tell something about what we have ever heard, the phrase called "Broken Wings". As  usual human creature, we have some parts in our body like hands, feet, nose, ears, and eyes. But you know, there is something left that should never been told in the common world, yeah that's what we call "wings".
I imagine that everyone has their own wings to fly and also to chase their dreams. Where are they located on ? We believe that no body know about it, because it can not be seen but we can feel it sometimes. Have you ever felt like flying on the sky while you get some surprises, gifts or even just happy news  ?? Then could you imagine what makes you feel  flying high when you get your love ?? 

Maybe they are not planted at our shoulders or even our backs, but somewhere else we have never realized. It's like an imaginary thing we can't see how big they are or how strong they are. They keep growing up like the other body parts we have. As we know, our eyes have function to see the things aroung us, our hands to handle the jobs, our ears to hear the voices, our nose to breathe the air, our feet to move our body, and finally our wings to keep moving up and down.   

As what we feel in life, a pair of wings are connected to our soul each other, so that they can work together in harmony.  When you feel there is something wrong in your life, you feel down, then your wings will carry you up and bring you to leave all pains you have.  When you feel so glad or angry, then your wings will control your emotion by turning right and make it slow down.

Then, there is a big question if anyone can affect another one's. It means how big someone can influence wings of the other so that they can help them to spread their wings while they get trouble with their own. We can always break our wings caused by ourselves or even the others. When we know we can't fly because we realize that someone hit us with something unbearable then we are getting underpressure with this condition, and it's common if we need help of the others to unfold our wings. We are just human being who need the others to socialize and work together. It doesn't matter if you need someone to help you flying ahead rather that keeping youselves injured by the others or getting yourselves killed by the situation. 

We have to keep moving to survive in this cruel life. We don't want to let the others hurt us for a long time, and we need the others to help us fix all these broken wings, so that we can fly together to cover up our weakness and strengthen our existence. Perhaps what we are have nothing to do with what the others, because we are who we are, and we don't want to be dependent on the others, but we do believe that we can not be separated to the others.  We expect something will come to us at the right time, when we are down, and nothing we can do. But if we just sit behind the wall, protecting ourselves from what will come to us in the future, we wouldn't be able to fix these broken wings. We have to face the truth, and try to fix all injured part of our bodies and soul from this moment to get better things in the future. Look at the winds, breath the air, and feel how strong it is to support us and start flying. How shiny the sun, taste it to empower you fighting againts your fear. We need to move friend...! 

Just be brave and be careful with your wings..!