Kamis, 30 Juni 2011

Terbius Serial Smallville

Saat ini menunjukkan pukul 00.55 WIB, Jumat, 1 Juli 2011
Beberapa hari belakangan ini ada satu tontonan menarik yang menemani aktivitas di dalam kamar kosan, yaitu Serial film Smallville. Saya rasa juga semuanya udah pada tau lah ya, apa itu "Smallville". Serial film ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2001 sampai saat ini (2011), dan peminatnya masih tetap saja ada. 
Mungkin ada baiknya kalau saya sedikit mereview tentang serial satu ini. Smallville adalah sebuah kota fiksi di Amerika Serikat di mana Superman kecil ditemukan oleh suami-istri Kent (Jonathan dan Martha Kent) ketika peristiwa hujan meteor, kemudian beranjak remaja dan mengalami berbagai kejadian yang sangat memengaruhi kehidupannya, baik kejahatan, persahabatan, dan juga cinta, sebelum pindah ke kota Metropolis untuk berkarier sebagai seorang jurnalis. Kota ini diberi nama Smallville untuk pertama kali di film seri Superman volume 1 #2 (1949). 


Kota ini digambarkan sebagai kota kecil yang sangat bersahabat dan sangat jauh dari kebisingan dan polusi. Namun demikian, Smallville memiliki angka kejahatan yang cukup tinggi untuk ukuran sebuah kota kecil terutama setelah hujan meteor. Smallville sediri dijadikan judul mini seri di Amerika sejak Oktober 2001. Cerita dan skenario digarap oleh Alfred Gough dan Miles Millar dengan bertemakan kehidupan Clark Kent (Nama asli Superman dalam serial tv- nama yang diberikan suami-istri Kent kepada Kal-El sejak kecil) di waktu muda.

Perekonomian Smallville sangat beragam di pusat kota, dengan dikelilingi persawahan dan perkebunan yang luas, termasuk milik keluarga Kent. Di komik Superman yang asli, keluarga Kent menjual sawahnya ketika Clark mulai bersekolah dan membuka toko di pusat kota. Tetapi di komik Crisis on Infinite Earths , di mana Clark tidak pernah menjadi Superman, keluarga Kent tetap mengelola ladangnya hingga Clark dewasa.
Di komik Superman, digambarkan sebuah billboard bergambar Superman sedang terbang dipasang di jalan masuk kota, dengan bertuliskan: "Welcome to Smallville, Home of Superman".
Beberapa tokoh penting yang yang bermain dalam film ini antara lain, Clark Kent a.k.a Superman (Tom Welling), Lois (Erica Durance), Chloe Sullivan (Allison Mack), Oliver Queen a.k.a Green Arrow (Justin Hartley), Tess Mercer (Cassidy Freeman), Lana Lang, Pete Ross, dan Lex Luthor muda. Berikut foto-fotonya :
(Dari kiri ke kanan : Lois, Clark)

(Dari kiri ke kanan : Oliver, Chloe)
Foto keluarga dulu yee.. :D
Serial tv amrik satu ini sangat memberikan hiburan di kala lagi bosan dan entertaining lah pastinya. Kalau gk, mana mungkin bisa bertahan ampe selama ini, ya gk ?! hehe. Bagi yang pengen tau lebih lanjut, meding nonton diri deh gan, lumayan buat nambah referensi serial ente juga kan, sekalian menghibur diri daripada nonton sinetron dalam negeri yang kadang menurut ane terlalu dilebay-lebaykan. Ya maklum sajalah.. Udah tradisi kali yaa.. hehe. :D

Sampai saat ini ane udah nonton 7 episode gan, jadi mau lanjut nonton dulu yaa sambil tetap mengerjakan tugas-tugas yang seabrek gila' ini ! Tetap semangat buat semuanyaa !
Selamat menonton juga bagi yang berminat.. ! :)

Rabu, 29 Juni 2011

L’Arc~en~Ciel – Bless Chord

L’Arc~en~Ciel – Bless



 A    G#m C#m  F#m   E
Kimi e to yume wa ima

A                D     E              A
Tooi chiheisen e mukai yasashii ude kara
A               D
Zutto kaketekitandane
E                 A
Saisho wa chiisai hohaba de

Em   F#         Bm
Hitotsu hitotsu ho wo susume
E              A
Furimukeba nagai ashiato
Em  F#   Bm
Yugandete mo massugu
    F
You have come a long way
E                      D
Everything is for today

     A     G#m  C#m  F#m    E      D        A
Kimi he to yume wa ima – Me no mae de kirameiteru
G#m C#m  F#m E  D          A       G#m    C#m   F#m   D
Hanabira no maifuru you na yuki ga shukufuku shita

A            D          E               A
Hanabanashii kisetsu mo yokome ni sugisari
A               D
Tameiki shiroku tsuite
E            A
Mayottari mo shita kedo

Em  F#         Bm
Shinto haritsumeta fuukei
E              A
Kodou wa takanari wo oboe

Em  F#   Bm              F
Afureru omoi wa kono shunkan wo koeru
E                      D
Everything is for today

     A     G#m C#m F#m  E      D          A
Sora e to kanenone ga toki wo tsuge narihibikuyo
G#m C#m  F#m   E   D          A      G#m    C#m   F#m   D
Tsubasa hiroge tobidatteyuku kimi ni shukufuku are

Solo :  A G#m C#m F#m E D (2x)

        A     G#m C#m F#m  E       D
Omoi wo nose kimi wa ima daichi wo keru
       A       G#m C#m  F#m E  D              Bm       E
Kokoro hitotsu yorokobi mo kanashimi mo zembu tsumekonde

     A     G#m  C#m  F#m    E      D        A
Kimi he to yume wa ima – Me no mae de kirameiteru
G#m C#m  F#m E  D          A       G#m    C#m   F#m   D
Hanabira no maifuru you na yuki ga shukufuku shita

Solo : A D E A     

Coda : A G#m C#m F#m E D

hups..

Holaa..
Disela-sela pengerjaan tugas akhir dan proyekan dosen ini, ane mau cerita dikit tentang makna puisi dalam bahasa teknik. Puisi yang selama ini kita dengar yaitu puisi yang cenderung melambangkan emosi jiwa yang meledak dengan gaya bahasanya yang sedikit di lebihkan agar memiliki kesan dan mengeluarkan makna yang dalam. Memang gak salah, terlebih lagi gaya bahasa puisi yang seperti itu cenderung dapat menarik perhatian para pembaca dan pendengarnya. Bahkan puisi karya-karya Kahlil Gibran, Chairil Anwar, W.S.Rendra,  dan sebagainya telah banyak mengundang daya tarik baik bagi para kalangan sastrawan maupun orang awam sekalipun. Gaya bahasa yang mereka gunakan memang memiliki nuansa yang unik dan kuat.

Kita lihat saja puisi karangan Chairil Anwar berikut yang berjudul "AKU"

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya yang terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tak perduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

Bagaimana ??
Kalau menurut saya, memang dalam sekali bahasanya..
Tidak mudah mengungkapkan apa yang kita rasakan dan kita pikirkan dalam bentuk untaian kata-kata bermakna seperti di atas. Salut buat Chairil Anwar atas karya sastranya..!

Lantas, bagaimana dengan gaya bahasa puisi anak teknik ?
Cukup sederhana, puisi teknik atau sains dan sejenisnya cenderung kaku dan dingin.
Untaian kata-kata tergantikan dengan dinginnya huruf maupun simbolik yang memiliki fungsi dan arti yang tajam.
Sebagai contoh, sebuah karya puisi teknik karangan Albert Eisntein, yang berjudul "Teori Relativitas Umum"
E=MC2

Sederhana sekali bukan ?
Tapi tau kah anda darimana datangnya E=MC2 tersebut ?
Formula tersebut muncul dari penurunan dan uji coba yang sangat panjang tanpa harus diketahui oleh semua orang tentang how to get that ! Bahkan Einstein dulu pernah di cap sebagai orang gila akibat rumus tersebut dirasakan tidak masuk akal, tapi ternyata saat ini malah dikatakan sebagai salah satu penemuan terbesar abad terkini. Einstein mendemonstrasikan perkembangan semesta dan memperlihatkan bagaimana gaya gravitasi dapat membelokkan ruang dan waktu. 

Begitulah kira-kira perbedaan mendasar tentang gaya bahasa puisi yang dikarang oleh sastrawan dengan ilmuwan atau insinyur teknik.   



Senin, 27 Juni 2011

12 Jembatan Konstruksi Terunik dan Terindah di Dunia

1. Jembatan Banpo (Korea Selatan) 

    Spesifikasi : Jembatan Air Mancur


Tanggal 9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 selang yang membentang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.




2. Jembatan Millau (Perancis)

    Spesifikasi: Jembatan Tertinggi di Dunia



Jembatan ini merupakan jenis cable-stayed bridge, setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004.

Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan
Millau memiliki panjang total 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki; jadi jembatan ini sangat indah dalam bentuk miniatur ataupun bentuk aslinya.
Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang.


3. Henderson Waves (Singapura) 

    Klasifikasi : Jembatan Pejalan Kaki Terindah

Pada ketinggian 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.



4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina)

Klasifikasi : Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia  

Melintasi Teluk Hangzhou berdirilah jembatan lintas lautan terpanjang di dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.


5. Rolling Bridge (Britania Raya)

    Klasifikasi : Jembatan yang dapat menggulung


Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin, London. Daripada menggunakan mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen rigid tunggal yang naik untuk membolehkan kapal lewat, Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu.


Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya. 
Dua belas meter panjangnya, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.
 


6. Jembatan Oliveira (Brazil)

    Klasifikasi : Jembatan kabel berbentuk X pertama di Dunia

Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.



7.  Golden Gate Bridge (Amerika)

      Klasifikasi : Jembatan Bersuspensi




Jembatan ini menjadi icon atau landmark tersendiri bagi warga SanFransisco, USA. Jenis jembatan ini tergolong dalam jenis jembatan suspensi. Jembatan ini tergolong rumit dan bahkan orang-orang berpikiran jembatan ini mustahil terealisasikan. Jembatan ini memisahkan semenanjung San Fransisco dan Tanjung Marin. Konstruksi jembatan memakan waktu 4 tahun dan memakan biaya sekitar 27 juta US Dollar.
Warna Jembatan Golden Gate sebenarnya bukan merah, tapi Vermillion orange atau yang disebut sebagai orange international. Warna ini dipilih secara khusus sebab disesuaikan dan melengkapi warna langit/kabut  disekeliling jembatan tersebut.


8. Wind and Rain Bridge (Cina)

    Klasifikasi : Jembatan Bangsa Dong


Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap.
Jembatan ini sepanjang 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.
Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat unik.



9. Tower Bridge (Britania Raya)

    Klasifikasi: Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah

Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah satu yang terindah di dunia.
Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang lebih sering dipindahkan melalui laut daripada udara, jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap harinya.
Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.


10. Jembatan Air Magdeburg (Jerman)

      Klasifikasi : Jembatan Air Terbesar di Eropa

Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman.
Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe. Pengapalan sering terhadang di jembatan ini bila tanda air sungai berada di tingkat terendah.


11. Ponte Vecchio (Italia)

      Klasifikasi : Jembatan Tertua dan Terkenal

Ponte Vecchio di Florence adalah salah satu atraksi turis terkenal di Italia, dan dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu.
Terkenal karena banyak pertokoan, jembatan ini juga menjadi  rumah bagi setiap orang mulai pedagang dan tukang daging Abad Pertengahan hingga toko cinderamata dan penjual karya seni.


12. Khaju Bridge (Iran)

      Klasifikasi : Jembatan Bendung






Jembatan Khaju (Pol-e-Khajoo) di Isfahan, Iran, dibangun pada abad ke-17 oleh Shah Abbas II.Jembatan ini juga berfungsi sebagai bendungan, dengan pintu air di bawah lengkungan. Ketika pintu ditutup, tinggi muka air di belakang jembatan dinaikkan untuk mengairi taman-taman di sepanjang Sungai Zayandeh.

Jembatan Khoju memiliki dua cerita , ditandai dengan lengkungan berpotongan khas dihiasi dengan ubin berwarna kaya. Di tengah-tengah jembatan, ada dua paviliun besar, yang disebut Pangeran salon, yang awalnya diperuntukkan untuk Shah.

Desain Header Blog 1

Oh iya, kebetulan ane suka ganti2 desain header blog, jadi tanpa bermaksud ingin sok pamer, tapi dengan alasan ingin saling sharing siapa tau menjadi sesuatu yang menarik, ane coba masukin desain header dari pertama sampai saat ini...

Untuk desain header blogspot yang pertama, saya coba pakai foto pribadi, terus digabungin secara sederhana seperti berikut ini :


Tanpa bermaksud ingin narsis berlebihan, ini hanya keisengan yang suka gw lakuin kalau lagi geje.. Apalagi kalau rasa bosan kunjung tiba saat dicercar oleh segudang tugas kuliah yang bikin rambut menjadi keriting ! :D   Semoga tidak membuat mata yang ngeliat jadi iritasi yaa..! hahaha. ^^

Salam hangat buat semua !

Sabtu, 25 Juni 2011

Pengaruh Perkembangan Ekonomi terhadap Transportasi di Indonesia

Dear all,
Kali ini gw akan ngebahas sedikit tentang hubungan transportasi di Indonesia dan kaitannya dengan perkembangan ekonomi sebuah negara. Awalnya ane pribadi masih penasaran dengan penyebab terjadinya permasalahan transportasi yang ada di negara kita yang cukup memperihatinkan. Untuk itu, mari kita bahas sedikit tentang hubungan antara perkembangan ekonomi terhadap transportasi yang ada di Indonesia.

Sebelumnya sudah tau semua belum apa definisi "Transportasi" ?
Transportasi berasal dari kata Latin, yaitu Transportare, dimana trans berarti seberang atau sebelah lain, dan portare berarti mengangkut/membawa. Sederhananya, transportasi memiliki arti mengangkut atau membawa (sesuatu) ke tempat lainnya. Sehingga, transportasi dapat diartikan sebagai usaha/kegiatan mengangkut atau membawa barang dan/atau penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Dalam sistem transportasi sendiri terdapat 4 unsur utama , yaitu sebagai berikut :
1. Penumpang/barang  yang akan dipindahkan
2. Kendaraan sebagai alat angkut/sarana
3. Jalan dan terminal sebagai prasarana angkutan
4. Organisasi yaitu pengelola angkutan 

Dalam sistem transportasi makro juga disebutkan bahwa terdapat 4 komponen utama yang saling berkaitan  yaitu : (Tamin,2008)
1. Sistem Kegiatan, yang disebabkan oleh tata guna lahan yang berbeda
2. Sistem Jaringan, yang berupa ketersedian sarana dan prasarana transportasi  
3. Sistem Pergerakan, berupa pergerakan orang dan barang yang dihasilkan oleh interaksi antara sistem kegiatan dan sistem jaringan
4. Sistem Kelembagaan, yang mengatur dan menjamin agar terciptanya pergerakan yang aman, lancar dan nyaman.

Dari ke empat komponen tersebut, nantinya akan menghasilkan turunan-turunan permasalahan yang kompleks dan saling terkait satu sama lainnya. Kali ini saya coba ambil permasalahan kemacetan yang terjadi di beberapa ibukota Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan sebagainya. Kemacetan terjadi akibat beban yang ada saat ini melebihi kapasitas yang tersedia, sehingga terjadilah kondisi jenuh yang membuat pergerakan menjadi terhambat dan kecepatan menurun. Beban yang kian bertambah tersebut merupakan akibat dari semakin banyaknya pengguna kendaraan pribadi. Bahkan dari data statistik di tiap ibukota menunjukkan adanya kecendrungan peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Peningkatan penduduk tersebut memang tidak dapat dihindari akibat semakin meningkatkan pola kegiatan di suatu kota sehingga menarik orang untuk datang dan menetap di kota tersebut. Pola kegiatan tersebut dapat berupa pola kegiatan sosial, ekonomi,kebudayaan, dan lain-lain. 

Para ahli transportasi juga sepakat bahwa penyebab dari permasalahan transportasi di Indonesia adalah Urbanisasi. Urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa menuju ke kota. Akibatnya, jumlah penduduk di perkotaan akan terus meningkat, dan jika ketersediaan sarana dan prasarana transportasi tidak ditingkatkan dan dikelola dengan baik, maka akan berakibat fatal terhadap sistem transportasi di suatu kota bahkan dapat berimbas terhadap perkembangan ekonomi di kota tersebut.

Terlebih lagi pada era tahun 90-an perekonomian di Indonesia mengalami pasang surut yang tidak stabil, terlebih lagi dengan terjadinya krisis moneter pada tahun 1998 yang membuat pembangunan infratruktur menjadi terhambat. Berbagai penduduk desa yang telah pindah ke Ibukota Jakarta dengan harapan mendapat masa depan yang lebih baik pun pupus dengan terjadinya krisis tersebut, sehingga banyak yang bermukim di pinggiran dan menciptakan daerah yang kumuh (rural area). Dan ternyata hal ini tidak menurunkan tingkat urbanisasi, akibatnya jumlah penduduk semakin banyak dan tidak diimbangin dengan peningkatan infrastruktur yang baik menyebabkan permasalahan transportasi kian bertambah parah. Untuk itu, harus terus diupayakan pengelolaan dan manajemen yang baik dari tiap stakeholder sehingga permasalahan tidak semakin memburuk, dan mobilitas masyarakat di perkotaan dapat terfasilitasi dengan baik, begitu juga dengan di daerah.

Memang sudah jelas, perkembangan ekonomi dapat mempengaruhi sistem transportasi di perkotaan, dan bagaimana sebaliknya ? Apakah transportasi dapat memberikan peran terhadap perkembangan ekonomi sebuah negara. Mari kita lihat..

Transportasi mempunyai pengaruh besar terhadap baik terhadap perorangan, maupun kolektif, bahkan dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Sebagai contoh, transportasi bermanfaat dalam mendistribusikan barang-barang hasil produksi dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang baik, maka selain memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis, tapi juga berpengaruh terhadap keseluruhan komponen dalam sistem perkenomian. Dengan adanya sistem transportasi yang baik, maka waktu tempuh untuk mendistribusikan barang menjadi berkurang, bahkan biaya untuk mendistribusikannya pun juga dapat ditekan. Dengan harga yang sesuai, maka akan memberikan daya beli kepada masyarakat sehingga barang hasil produksi tersebut dapat terjual dengan baik dan masyarakat tidak terlalu terbebani dengan harga barang yang dibelinya. Bahkan, harga memberikan pengaruh yang besar terhadap jumlah penjualan suatu barang. Dengan kata lain, transportasi dapat memperlancar perkenomian suatu daerah/negara, bahkan dalam konteks global. 

Kemudian, masih dalam kasus yang sama, untuk mengangkut bahan baku menuju pabrik pengolahan juga membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang baik. Biasanya biaya untuk mendistribusikan barang jadi ke suatu tempat akan lebih mahal jika dibandingkan dengan pendistribusian bahan baku, atau sebaliknya. Terlebih lagi untuk daerah yang sulit dijangkau dan membutuhkan perpindahan moda transportasi. Faktor resiko juga memberikan pengaruh yang besar terhadap penetapan harga pasar, sehingga semakin buruk sarana dan prasarana transportasi akan memberikan resiko yang semakin besar terhadap barang, dan ketidakstabilan dalam penetapan harga. Dengan tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang baik, maka akan memberikan dampak terhadap perkembangan ekonomi baik secara makro maupun mikro.

Lebih lanjut, transportasi dapat memberikan nilai tambah atau meningkatkan utilitas/kegunaan terhadap barang yang diangkut. Utilitas yang dapat diciptakan oleh transportasi ada 2 macam, yaitu utilitas tempat dan utilitas waktu.
1. Utilitas tempat
Merupakan kenaikan/tambahan terhadap nilai ekonomi, atau  peningkatan terhadap nilai guna suatu komoditi yang diciptakan dengan mengangkutnya dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dengan kata lain, akan tercipta perbedaan harga barang antara satu tempat dengan tempat yang lain yang disebabkan perbedaan tingkat permintaan dan kebutuhan. Daerah yang memiliki kelebihan suatu barang akan berusaha mendistribusikan komoditi/barang tersebut ke daerah lain, sehingga harga barang akan meningkat dengan adanya perpindahan tempat tersebut ke daerah yang kekurangan pasokan dan membutuhkan komidi yang bersangkutan.

2. Utilitas waktu
Transportasi bukan hanya berfungsi menyediakan kebutuhan bagi manusia di tempat mereka berada tapi juga pada waktu yang tepat. Itulah kenapa transportasi yang baik dapat meningkatkan nilai guna dari segi waktu, sebab orang/barang dapat dipindahkan ke suatu tempat pada waktu yang tepat.

Transportasi memang sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi sebuah negara dan begitu juga sebaliknya. Transportasi juga dapat meningkatkan pendapatan nasional, membuka kesempatan kerja, meratakan persebaran penduduk, mengembangkan industri nasional, meningkatkan pertahanan dan keamanan, dan pada akhirnya menciptakan stabilitas nasional.

Salam penulis.
Rachmadony Batubara
T.Sipil ITB 2007

Kamis, 23 Juni 2011

Civil's Trip To Gunung Gede

Sedikit ingin bercerita tentang perjalanan yang dilakukan awal Juni lalu, tepatnya tanggal 3-4 Juni 2011. Rombongan mahasiswa teknik sipil itb melakukan kegiatan mountaineering ke Gunung Gede. Total yang ikutan kegiatan ini berjumlah 11 orang. Berangkat dari Bandung skitar pukul 23.00 WIB menuju terminal leuwi panjang, lalu dilanjutkan menuju Cibodas sekitar jam 01.00 dini hari menggunakan bus.

Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kab.Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung Gede memiliki ketinggian 2.958 m.dpl yang diselimuti oleh hutan pegunungan yang merupakan salah satu hutan yang paling kaya jenis flora di Indonesia. Gunung ini berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS yang memiliki suhu rata-rata di puncak 18 °C dan di malam hari mencapai 5 °C . 

Kegiatan pendakian di mulai sekitar pukul 07.00 pagi setelah sebelumnya istirahat, makan dan sholat di posko pertama sebelum memulai pendakian. Lalu dilanjutkan pemanasan sebentar, berdoa dan memulai pendakian. Kegiatan pendakian dilakukan satu hari non-stop dan sampai di puncak pada malam hari. Seharusnya kegiatan pendakian pada malam hari tidak diperbolehkan tapi karena alasan tertentu tetap dilakukan walau diterpa badai hujan dan angin kencang. Kendala yang dihadapi sebelum mencapai puncak Gunung Gede adalah kendala waktu, sebab jika terlalu lama di jalan maka sampai di puncak akan telat. Manajemen waktu harus diatur dengan baik demi keselamatan bersama.

Pemandangan yang dapat disaksikan menurut saya indah sekali, dan membuat perjalanan menjadi terasa lebih berkesan. Dan barangkali dapat menjadi objek yang menarik bagi para fotografer panorama. Saya juga tidak mau melewatkan kesempatan ini untuk mendokumentasikan panorama indah Gunung Gede tersebut dalam bentuk foto. Berikut dokumentasi nya:



Foto di atas bernama Telaga Biru yang merupakan salah satu titik pemberhentian dalam perjalanan yang kami lakukan. Danau ini selalu tampak biru akibat diterpa sinar matahari dan ditutupi ganggang biru. 

(Salah satu pemandangan dari kaki gunung)

Dari lokasi ini, masih jauh sekali perjalanan yang harus ditempuh, bahkan medan yang akan dihadapi disini masih terbilang tidak terlalu sulit bagi yang sudah biasa mendaki. Tapi karena saya juga masih baru pertama kali mendaki, maka tidak terlalu tahu apa sebenarnya kondisi tanjakan Gunung Gede ini tergolong biasa saja, sedang, atau lumayan sulit. 

(air terjun panas)

Dari air terjun panas ini, kami berhenti sejenak untuk istirahat lalu melanjutkan kembali pendakian menuju ke puncak Gunung Gede. Sebelum sampai puncak gunung, medan semakin terjal dan curam, bahkan dijuluki sebagai tanjakan setan, akibat susahnya medan tanjakan untuk mencapai puncak gunung tersebut. Sayangnya, kondisi sore itu hujan sehingga saat sampai di puncak kami tidak dapat menyaksikan panorama puncak dengan jelas, bahkan kami diterpa badai hujan dan angin yang sangat mengganggu perjalanan dan kondisi tubuh pada saat itu. Tanpa berlama-lama, perjalanan dilanjutkan menuju daerah perkemahan walau cuaca hujan dan gelap  ke suryakencana yang dihiasi oleh tumbuhan edelweiss (bunga abadi). Sangat indah menyaksikannya saat matahari mulai terbit (sunrise).. Amazing ! Berikut fotonya..




Begitulah secuil cerita naik Gunung Gede, semoga dapat menambah referensi bagi para pecinta alam... 
Salam ! :)



aw aw aw...

hahaha.
Saat ini pukul 18.30 WIB,
Masih di depan laptop kesayangan...

Sore ini cukup produktif dengan melakukan kegiatan jogging !
Lumayanlah buat membakar lemak yang tidak pada tempatnya ! :))
Tpi ada satu hal yang aneh, saat jogging kepijak kotoran kuda ! eh gk denk !
Untungnya lapangan jogging saraga gk ada kotoran kudanya..
Beda ama daerah jalanan di depan ITB yang memiliki ranjau darat bernama "Kotoran Kuda" atau dalam bahasa kerennya "Horse's Feces". haha. :D

Sepertinya kalau gk ada halangan,lumayan juga dijadikan kegiatan rutin, selain badan sehat, jiwa sehat, siapa tau "pemandangannya" juga sedang indah ! hahaha Pret !!
Berhubung saya belum melaksanakan sholat magrib, maka cukup sekian dan terimakasih ! :D

Caw..

Jumat, 17 Juni 2011

When you say nothing at all, but not for real

Saturday, 10.16 a.m
Good day everyone..

Now, I just want to share about the sentences "when you say nothing at all, but not for real".
Actually it's a little bit confusing words, because if you say that you feel nothing, so it means, you really have nothing to think about. But in this case, it's just a way to pretend that you don't feel anything, but for real you can't lie that you feel something..

I know..
It's not good for your mind and also for your heart, because you lie not only yourselves, but also the others.
Yups ! But could you think the consequence you can get if you say the truth but it againts your expectation ?
It's so unpredictable, yup !

So, what I feel right now, it's like a crazy stuff with no direction, I feel like a confused one and I don't how to express it. Is it love ? I don't know...
But I think I don't really know about LOVE, because there is no absolute defintion about LOVE ?
I can't tell anyone at this moment, but I try to find my way to know about what it is.
If you tell about "LOVE" , so who's the girl or boy ?
Because I'm a boy, so who's the girl ? (I'm not a same-sex lovers) haha

The girl who often come into my mind is....
Well, I don't want to tell her name here cuz it's a little bit embarrasing.. :D
The traits (character) as follows.. 
1. She is good looking, of course..
2. She is smart and friendly
3. I think she loves adventure, the same like me..
4. She doesn't talk too much, and she's so mysterious..

They are what I can share to you.. Who is she..?
Haha. Sorry for the question, because I'm not sure if I tell her name here, she will not get mad or even accept it.. :D
So... It's better to secretive her name for a moment...

Yeah, that's what I feel on these few days...
I'm confused of this feeling..
I don't know what I should do, and how to express it...
She is awesome !! yup..
Maybe, pretending is a better way to show the way, but sometime it can be just a beautifull lie !
Because it's better to tell the truth although it's so painful... owwgh !! 

Well, I think that's all.
And see you next time..! :)

Minggu, 05 Juni 2011

Kuliah Lapangan MPK

Dear all,
Kali ini mau melaporkan sedikit tentang kegiatan kuliah lapangan yang beberapa minggu yang lalu telah selesai dilaksanakan, dan maaf baru dilaporkan sekarang berhubung jadwal yang cukup padat dan mood yang terkadang suka hilang tak menentu. Kegiatan Kulap diadakan pada tanggal 28 Mei 2011 selama 1 hari dari pagi hingga sore hari.

Kuliah lapangan untuk mata kuliah Metode Peralatan Konstruksi merupakan kegiatan yang memang rutin dilaksanakan bagi peserta kuliah MPK di jurusan teknik sipil ITB. Kali ini kegiatan kuliah lapangan mengunjungi proyek pemekeran Mall BSM (Bandung Super Mall) dan perusahaan produsen beton segar bernama Pioner. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengetahui metode konstruksi yang digunakan dalam proyek konstruksi dan berbagai peralatan yang digunakan dalam proyek tersebut, sehingga nantinya mahasiswa dapat lebih mengetahui kondisi real di lapangan serta solusi penyelesaian untuk kondisi yang ditinjau.

Acara ini dimulai dengan berkumpul di kampus ITB sekitar jam setengah 9 dan mengumpulkan peserta lain selama 30 menit, lalu berangkat ke tempat tujuan pertama yaitu perusahaan Pioner yang merupakan perusahaan produsen beton segar.

Setelah masuk ke dalam perusahaan tersebut, rombongan diberi instruksi oleh pegawai disana agar lebih jelas mekanisme dalam perusahaan tersebut dan diberikan sesi tanya jawab untuk bertanya lebih lanjut mengenai hal-hal yang dirasakan kurang jelas. Kegiatan dilanjutkan dengan melihat beberapa peralatan yang digunakan dalam kegiatan produksi beton segar mulai dari manual sampai dengan penggunaan mesin digital. Dan sama seperti anak muda lainnya, dimana ada sesuatu yang menarik untuk didokumentasikan, maka kamera pun berbicara, tidak terkecuali mendokumentasikan diri sendiri.. (heheu)



Setelah dari perusahaan Pioner, rombongan berangkat lagi menuju proyek pemekaran Bandung Super Mall..
Berikut cuplikan foto-fotonya..



Terlihat di gambar, pengerjaan proyek sudah mencapai pekerjaan struktur bagian atas. Untuk struktur bagian bawah menggunakan mini pile dan menyatu dengan pelat setebal kurang lebih 1 meter. Kondisi tanah bisa dibilang baik sehingga pondasi yang digunakan yaitu mini pile dan menyatu dengan pelat. Untuk kedalaman basement sendiri sekitar lebih 11 meter ke bawah. Untuk tipe tulangan yang digunakan serta denah pekerjaan tiap lantai tidak dapat diuraikan disini sebab merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang cukup rahasia. Terlihat juga dari foto di atas penggunaan scaffolding sebagai penyangga komponen di atasnya agar sesuai dengan elevasi yang direncanakan dan juga digunakan oleh para pekerja untuk melakukan pekerjaannya, seperti pengecoran, fabrikasi/penulangan, dan pemasangan bekisting. Terlihat juga peralatan lain yang digunakan dalam proyek ini yaitu tower crane yang menjulur tinggi dan bersifat semi permanen sehingga harus direncanakan dengan baik  posisi dan kestabilannya.

Pekerjaan proyek ini memakan sumber daya manusia yang terbilang banyak, sebab volume perkejaan yang besar dan juga mengejar target waktu, sebab waktu juga mempengaruhi jumlah penggunaan biaya yang digunakan dalam proyek, untuk itu estimasi waktu harus diatur secermat mungkin. Selain waktu, hal yang perlu diperhatikan juga sebagai indikator keberhasilan proyek, yaitu mutu, biaya, dan keselamatan pekerja.


Berikut foto-foto narsis kita saat melakukan kegiatan Kuliah Lapangan di lokasi proyek BSM.. :D