Jumat, 27 April 2012

Ulasan sejarah perkembangan monorail (lanjutan-part I)

Sebelumnya saya pernah membahas sedikit tentang angkutan monorail sebagai salah satu upaya pemecahan masalah transportasi (cek disini). Tapi masih ada beberapa bagian yang memang belum saya lengkapi, diantaranya sejarah perkembangan monorail di dunia. Hal ini saya masukkan akhirnya sebab dirasakan cukup baik sebagai pengetahuan tambahan bagi yang ingin tahu lebih lanjut mengenai monorail itu sendiri. Tambahan agar tidak keliru dengan kereta rail pada umumnya, monorail itu memiliki beda yaitu hanya menggunakan 1 rel pada track/jalur nya.

Perkembangannya sendiri yang tercatat dalam sejarah sudah dimulai sejak tahun 1825, yang secara resmi dibuka pada tanggal 25 Juni 1825. Monorail yang memiliki mesin 1 tenaga kuda (hourse power) ini bernama Kereta Api Cheshunt (Cheshunt Railway). Monorail jenis pertama ini memiliki fungsi untuk membawa batu bata, tapi pada saat pembukaannya difungsikan untuk membawa penumpang. 

(Cheshunt Railway)

Pada tahun 1876, Uap General Le-Roy Stone telah menggerakkan monorail yang secara pertama kali didemonstrasikan di Pameran Contennial Amerika Serikat. Angkutan tersebut bernama Philadelphia Centennial.

(The Philadelphia Centennial)

Pada tahun yang sama, sebuah angkutan bernama Sonoma Prismoidal direncanakan menghubungkan Kota Northen California dengan Kota Sonoma dengan jarak 7 mil. Hanya saja pada saat pembangunannya, perusahaan yang menangani proyek tersebut mengalami bangkrut, dan hanya dapat menyelesaikan 3,5 mil nya saja yang menghubungkan antara Norfolk dan Sonoma. 

(Sonoma Prismoidal)

Pada tahun 1878, sebuah versi modifikasi dari monorail General Stone's Centennial mulai digunakan untuk jarak 6,4 km antara Bradford dan Gilmore, Pennsylvania. Monorail tersebut dibangun dengan fungsi sebagai alat angkut hasil pengeboran minyak dan pegawai ke Kota  Derrick. Stasiun Wayside ditambahkan pada Tarpot, Babcock's Mill and Harrisburg Run. Pada titik tersebut, penduduk setempat mulai menggunakan jalur yang tersedia. Akibat pernah terjadi sebuah tragedi kecelakaan pada jalur tersebut yang membunuh pengemudi, petugas pemadam kebakaran dan 3 orang pengemudi serta menjadi bencana terburuk dalam sejarah monorel, maka jalur tersebut akhirnya ditutup segera setelahnya. 


(Bradford and Foster Brook Monorail)

Pada awal tahun 1886, seorang kapten bernama J.V.Meig sampai melakukan uji track terhadap monorail rancangannya. Hanya saja rancangan tersebut terlalu tinggi pada zamannya, sehingga tidak dapat diterima. Bayangkan saja, bagaimana sebuah konsep aerodinamis sudah mulai dimasukkan pada awal tahun 1886 ??

(J.V.Meig's Monorail)

Masih pada tahun yang 1886, The Enos Electric Railway, monorail gantung pertama diuji dan didemontrasikan di atas lahan perusahaan Daft Electric di Greenville, New Jersey. Demonstrasi tersebut menarik perhatian publik yang cukup besar dalam pers, tapi tidak satu sistem utama pun yang dibangun.

(Enos Electric Railway)

Sebuah perusahaan konstruksi Kereta Api bernama Lartigue membuka jalur kereta monorail baja sejauh 14.5 km pada 1 Maret 1888. Jalur monorail ini menghubungkan Kota Ballybunion di Pantai Barat Irlandia dengan Kota Pasar Listowel. Monorail ini bertahan sampai tahun 1924, lalu akibat menaikkan biaya operasional dan transportasi akhirnya monorail ini berhenti beroperasi.

 (The Listowel & Ballybunion Railway)

Tahun 1901, Insinyur sipil Eugen Langen Cologne, Jerman telah meninggalkan jejak dalam sejarah monorail.  Jalur suspensi nya telah beroperasi dengan berhasil di sepanjang sungai Wupper selama hampir 100 tahun.

 (Wuppertal Schwebebahn)

Selanjutnya Louis Brennan mempatenkan penemuannya untuk mobil seimbang giroskop (gyroscopically-balanced car) pada tahun 1903. Demonstrasi penuh nya sendiri dipresentasikan ke media (pers) pada 10 November 1909 di Gillingham, Ingrris.

(Brennan Monorail)

Kemudian tahun 1924, salah satu dari \Lartigue berbasis monorail dibangun oleh perusahaan garam Sierra (Sierra Salt Corporation). Fungsinya untuk membawa garam magnesium dari lokasi tambang di Crystal Hills ke stasiun terakhir Trona di California.

(The Magnesium Monorail)

sumber :
http://www.douglas-self.com/MUSEUM/LOCOLOCO/lartigue/lartigue.htm
http://automobiles-voisin.pagesperso-orange.fr/e_pfi_12_schilovsky.html
http://www.monorails.org/tmspages/History.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Monorail_history
http://www.monorails.org/tmspages/listowel.html

2 komentar: