Jumat, 29 Juli 2011

Tips dalam memilih gitar elektrik

Bagi sebagian music-lover, gitar bukan hanya sebagai alat musik, tapi juga dapat dijadikan sebagai teman, baik dikala suka maupun duka. Gitar memang memiliki beberapa kriteria yang berpengaruh terhadap kualitas suara dan juga harga. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat digunakan dalam memilih/membeli gitar elektrik, yaitu sebagai berikut :
1. Pertimbangkan tipe, merk dan ukuran gitar 
Tipe gitar memiliki variasi yang beragam dan unik, serta merk nya pun dapat disesuaikan dengan genre musik yang kita cendrung nikmati. Contohnya: untuk genre musik rock kebanyakan merk gitar yang ditawarkan seperti Ibanez,fender,rockwell, dsb ; sedangkan untuk genre blues kebanyakan merk gibson. Tapi itu tidak selalu dapat dijadikan acuan, sebab hal ini dapat disesuaikan juga dengan kualitas suara yang diinginkan.Dari segi ukuran biasanya dilihat dari segi berat gitar dan lebar neck gitar, sehingga untuk hal satu ini bersifat subjektif tergantung dari tiap individu sebab tiap orang memiliki ukuran tangan dan kemampuan yang berbeda.

2. Cek kondisi fisik gitar
Kondisi fisik gitar yang dimaksud meliputi body gitar, neck, pickup, fret, tuning pegs, dan sebagainya. Jangan sampai ada yang tidak lengkap atau rusak. Untuk mengetahui lebih jelas tentang detail fisik gitar elektrik dapat dilihat pada gambar di bawah ini :


3. Pertimbangkan Body Gitar
Untuk body tidak selalu harus memilih tipe solid body, sebab jika tipikal suara yang diinginkan cenderung akustik dengan tingkat amplifikasi yang tinggi maka lebih bagus memilih body gitar tipe semi hollow (agak hampa), dan jika suara yang diinginkan lebih nge-jazz maka lebih bagus memilih tipe body hollow. Solid body biasanya emang cenderung banyak dipilih sebab memiliki suara yang bagus dari segi sustain, serta amplifikasi yang keras.
 

Dari kiri ke kanan : Tipe body hollow(coklat), semi-hollow (merah), dan solid body (biru)

4. Sesuaikan Budget
Untuk poin satu ini menjadi sangat berarti sebab tidak mungkin memaksakan keinginan tapi kondisi keuangan lagi tidak mendukung. Untuk itu sesuaikan dengan budget yang dimiliki agar tetap dapat membeli gitar elektrik tanpa harus mengurangi budget yang lain, kecuali jika budget memang berlebih.

5. Check Sound Gitar
Untuk lebih meyakinkan apakah kualitas suara benar-benar sesuai dengan yang diinginkan, maka lakukan check sound dengan menyambungkan gitar ke amplifier dan memainkannya. Ketika dimainkan coba cek suara yang dihasilkan apakah ada yang baling atau noise ketika gitar dimainkan. Jika suara sudah sesuai dan pas maka gitar sudah dapat dibeli segera mungkin.

Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar