Selasa, 16 Agustus 2011

Catatan kecil memperingati HUT RI ke 66

Merdeka !!
Satu kata untuk mengungkapkan rasa bangga terhadap para pahlawan bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan RI. Tepat 66 tahun yang lalu, 17 Agustus 1945, Indonesia resmi merdeka dengan diproklamirkannya teks proklamasi oleh Bung Karno dan Hatta. Saat itu, semangat 45 memang berkobar dimana-mana mengumandangkan kata-kata "Merdeka !!" , dan kata itu mungkin bisa ibaratkan sebagai kata keramat untuk membangkitkan semangat para pejuang di zamannya. Siapapun pasti merasa bahagia jika bisa bebas dari belenggu penjajahan, begitu juga dengan bangsa ini. Sukurnya saya saat ini bisa bernapas dengan tenang tanpa dihantui rasa takut oleh para penjajah waktu itu, seperti Belanda, Inggris dan Jepang.

Saat ini 17 Agustus 2011,
66 tahun tekah berlalu sejak pertama kali teks proklamasi dikumandangkan. 
Lantas pertanyaannya, apakah bangsa ini telah benar-benar lepas dari belenggu penjajahan ??
Atau justru tantangan bangsa ini justru lebih berat daripada hanya merebut kemerdekaan, yaitu mempertahankan kemerdekaan, dan memajukan pembangunan negara.

Mungkin saya bukan orang yang tepat untuk mengklaim apakah sebenarnya Indonesia saat ini sudah benar-benar merdeka atau sebenarnya justru kita masih dijajah oleh beberapa hal, seperti perekonomian yang masih didominasi oleh bangsa Barat terlebih lagi dengan adanya globalisasi, sistem pemerintahan yang masih belum jujur dan bersih, kemiskinan yang masih merajalela, pendidikan yang mahal, banyaknya rakyat yang kelaparan, dan sebagainya. Lantas apa bedanya bangsa kita saat ini dengan sebelum merdeka kalau ternyata masalah-masalah seperti yang disebutkan di atas malah belum dapat terpecahkan, atau bahkan diperkeruh oleh bangsa kita sendiri !

Well, saya disini berbicara sebagai seorang mahasiswa yang berusaha sedikit melihat permasalahan bangsa ini melalui refleksi kemerdekaan RI yang ke-66. Mungkin sebagian kita juga lupa bahwa semua warga negara Republik Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar bagi kemajuan bangsa, dan kesejahteraan rakyat. Tapi faktanya saat ini, masih banyak hak-hak yang terabaikan untuk menjadi sebagai bangsa yang benar-benar merdeka. Kita semua mungkin juga sudah sangat paham tentang apa yang terjadi, bahkan kalau mau dipaparkan secara mendalam akan memakan waktu yang lama dan terkadang sulit menemukan titik temunya. Apakah sebenarnya kita mampu ? Atau barangkali kitanya yang tidak mau ??

Bagi sebuah negara yang merdeka, 66 tahun mungkin bukanlah waktu yang sebentar, tapi juga tidak dapat dikatakan waktu yang lama untuk akhirnya menjadi sebagai negara yang memiliki kehormatan yang tinggi di mata internasional. Jika kita melihat dari sejarah negara-negara barat, mereka bisa maju seperti ini juga bukan tanpa sebab. Mereka sudah lama merdeka, dan jauh lebih duluan daripada negara kita, Indonesia. Berikut daftar hari kemerdekaan berbagai negara di dunia.
1. United States : 4 Juli 1776
2. Portugal : 5 Oktober 1143
3. Belgia : 21 Juli 1831
4. Argentina : 9 Juli 1816
5. Finlandia : 6 Desember 1917
6. Irlandia : 24 April 1916
7. Switzerland : 1 Agustus 1291
8. Turkey : 29 Oktober 1923
9. United Arab Emirates : 2 Desember 1971
10. Uruguay : 25 Agustus 1825
11. Venezuela : 5 Juli 1811

Dan beberapa negara yang sering menjajah bangsa-bangsa di dunia diantaranya sebagai berikut :
1. Spanyol
2. United Kingdom
3. Japan
4. France
5. Netherland

Mungkin, kalau dibilang udah tua, juga gak.. Sebab negara ini dijajah cukup lama, dan pernah dijajah oleh 4 negara yang berbeda, seperti Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Waktu kita untuk benar-benar memajukan negara ini menjadi terhambat untuk berperang melawan penjajah. Dulu bahkan Indonesia pernah menjadi salah satu sumber kekuatan dunia melalui kerajaan-kerajaan di zamannya, seperti Kerajaan Samudera Pasai, Kerajaan Sriwijaya, dan Kerajaan Majapahit. Tapi memang zamannya berbeda, dan kita tidak boleh puas oleh kejayaan masa lampau. Dengan kata lain, tugas kitalah generasi muda untuk meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini, dengan berbagai beban yang cukup berat hasil akumulasi kesalahan orang-orang terdahulu dan dengan bekal pelajaran dari orang terdahulu pula. Belum ada kata terlambat untuk belajar, dan memajukan bangsa ini, walau mungkin gak banyak yang bisa kita lakukan, tapi jika tiap individu tersebut bersatu padu, bukan gak mungkin bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan dihormati oleh dunia internasional. Amiinn..

Ada satu pertanyaaan yang cukup menarik, kalau kamu diberi pilihan saat lahir, kamu mau milih menjadi warga negara mana ? Warga Negara Indonesia, Jerman, Inggris, atau yang lain ?? Lantas jawabnya apa dong ? Mungkin setiap kita punya versi jawaban masing-masing, sebab isi otak kita juga berbeda. Tapi satu hal, kenapa kita mesti malu menjadi bangsa Indonesia ?? Mungkin saat ini memang bangsa kita belum bisa menjadi negara superpower, tapi toh minimal bangsa kita juga memiliki sejarah yang cukup indah untuk diceritakan... hehehe.

Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang begitu berlimpah ruah, lautan yang luas dengan berbagai kekayaan lautnya, garis pantai yang panjang sebagai aset pariwisata, tanah yang subur untuk bercocok tanam dan dijuluki sebagai negara agraris, iklim yang mendukung sepanjang tahun, dan lainnya. Lalu, masalahnya dimana koq negara kita masih gini2 aja ?? Sebagian besar berpendapat ini dikarenakan Sumber Daya Manusia Indonesia yang masih belum maju, sehingga kita tidak memiliki daya upaya untuk memanfaatkan sumber kekayaan tersebut secara mandiri. Alhasil, kekayaan alam kita banyak yang disalahgunakan untuk kepentingan negara lain, banyaknya tenaga kerja luar yang disewa, mengimpor BBM yang seharusnya bisa kita produksi sendiri, bahkan hasil pangan pun kita impor... Wew !! Gokil juga ya.. 

Anehnya, SDM Indonesia yang terdidik pun banyak yang lari ke luar negeri akibat di negara sendiri keahliannya seakan tak dihargai.. Sudah banyak buktinya, dan tidak usah disebutkan satu per satu. Akibatnya ya Indonesia masih sulit untuk menjadi negara kuat dan mandiri, atau dengan kata lain jika seperti ini terus negara kita masih akan banyak bergantung kepada negara lain. Habisnya ya wajar saja kalau banyak yang menetap di luar negeri kalau toh disana mereka lebih dihargai dan diberi kehidupan yang layak. 

Mungkin itu dulu kali ya yang bisa ane share, lain kali kita cerita-cerita lagi... 
Capek juga ngetik soalnya gan ! hehe

Mari terus bersatu padu, dan tetap semangat..!!
Merdeka !!
Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-66 !! 
(Sebuah persembahan kecil bagi seluruh jiwa yang tak pernah disebutkan dalam buku sejarah bangsa)

Cheers... :D
Salam.

(seru banget ni bocah ngibarin bendera sambil main air, jadi pengen ikutan..! hahah)


Ini ada tambahan lagu Indonesia Raya Edisi Awal :

Jumat, 12 Agustus 2011

Apakah ruh itu benar ada atau tidak ??

Nah gw lagi ada satu topik yang cukup menarik untuk dibahas nih,
Mungkin topik ini juga udah dari dulu sering dipertanyakan orang tentang kebenarannya.
"Apakah ruh itu benar ada atau tidak ?"
Oke, pertama gw mau nanya dulu, apakah kita semua percaya 100 % dengan yang namanya ruh ??
Atau masih ada yang belum yakin 100 % bahwa ruh itu benar2 ada ?!!
Oke mari ikuti dulu alurnya sebelum memberi komentar..

Ruh atau roh (soul) tidak ada yang dapat mengartikannya secara gamblang dan benar2 valid sampai saat ini. Mungkin ada sebagian dari kita menganggap bahwa ruh itu hanya akal-akalan manusia saja, dan tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Eits, tunggu dulu ! Jangan salah, semua bisa dijelaskan hanya saja mungkin ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan oleh manusia akibat keterbatasan otak manusia dan ketidakmampuan manusia dalam menggapai hal-hal yang sifatnya ghoib.  Disini gw pribadi gak bisa memberikan penjelasan hanya dari sisi ilmiah, tapi harus dikaitkan dengan agama, sebab memang seperti itulah kondisinya. Hanya saja gw coba berusaha menjabarkan secara seimbang antara penjelasan yang bersifat ilmiah dan religi. 

Kenapa gw tertarik untuk menjelaskan topik ini, sebab gw rada emosi saat membaca pernyataan dari Prof.Hawking yang mengatakan, "Bagi saya otak itu seperti komputer yang akan berhenti ketika komponennya rusak.Tidak ada surga atau kehidupan setelah mati bagi komputer-komputer yang rusak.Itu hanya cerita bohong bagi orang yang takut kegelapan."

Jujur pas ngebacanya agak kaget juga, koq bisa-bisanya dia memberi pernyataan seperti itu. Pertanyaan yang langsung muncul adalah, "landasannya apa?" Apa dia terlalu pintar atau mungkin menjadi semakin "aneh" akibat kepintarannya. Koq bisa-bisanya menganggap manusia ibarat komputer, dimana manusia menciptakan komputer sedangkan manusia diciptakan oleh sang khaliq, Allah swt. Dari segi awal penciptaannya saja sudah beda, koq bisa2nya dia menganggap manusia sama seperti komputer, kalau rusak terus dianggap menjadi seperti bangkai elektronik biasa. WTF !!! hehe

Ada lagi pernyataan dari jenius Einstein yang hampir setuju dengan anggapan bahwa ruh itu sebenarnya omong kosong belaka.
Albert Einstein, letter of February 5, 1921:
"The mystical trend of our time, which shows itself particularly in the rampant growth of the so-called Theosophy and Spiritualism, is for me no more than a symptom of weakness and confusion. Since our inner experiences consist of reproductions, and combinations of sensory impressions, the concept of a soul without a body seem to me to be empty and devoid of meaning."

Gw coba cari landasan berpikir mereka terlebih dahulu sebelum gw berusaha membantah pernyataannya. Gw berasumsi bahwa mereka adalah orang yang mendasarkan segala sesuatu berdasarkan teori dan fakta ilmiah, sehingga ketika mereka tidak dapat menjelaskannya secara ilmiah untuk saat ini, mereka akan mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos atau omong kosong belaka. Mereka mungkin bisa beranggapan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri manusia merupakan interaksi dari fungsi organ manusia disertai reaksi kimia yang terjadi di dalamnya. Tapi pernahkah mereka berpikir bagaimana fungsi organ manusia tersebut bisa bekerja tanpa adanya suatu penggerak ? Jantung, paru-paru, dan lainnya hanyalah benda mati yang tidak dapat bekerja secara sendiri tanpa ada sesuatu yang membuatnya bekerja. Bahkan saat pertama kita lahir, siapa coba yang membuat semua fungsi organ yang kita miliki ini bisa bekerja secara otomatis ?? Bahkan otak manusia pun menurut saya tidak akan bekerja tanpa adanya suatu penggerak. Apakah penggerak tersebut ? Penggerak/pengelola tersebut haruslah sesuatu yang bersifat hidup walau mungkin wujudnya tidak tampak. Itulah mungkin yang selama ini kita katakan sebagai ruh. Tapi saya juga masih belum bisa memastikan 100 % tentang definisnya sebab tidak ada yang dapat menjelaskannya secara gamblang sampai saat ini. 

Ketertarikan terhadap ruh ini juga berlangsung sejak lama, bahkan di Inggris tepatnya tahun 1882 dibuat sebuah persatuan pembahasan ruh. Mereka bekerja keras dengan penuh ketelitian, ketekunan, dan penuh kesungguhan untukmengungkapkan misteri ruh ini. Tapi apa yang terjadi, ternyata semuanya berakhir dengan ketidakpuasan.

Ruh dari sisi Islam memang suatu hal yang bersifat ghoib, tidak bisa dilihat, atau diraba tapi bisa dirasakan. Dalam Al-quran juga telah dijelaskan tentang ruh, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw melalui firman Allah swt : " Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tiadalah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". 

Ruh memang merupakan sesuatu yang abstrak, dan harus dilihat dari pendekatan agama. Kalaulah memang masih ada yang menyangkal bahwa ruh itu tidak ada dengan alasan semua yang terjadi pada diri manusia adalah proses kimia dan kinerja otak, maka perlu dipertanyakan apakah mereka bisa menghidupkan manusia atau bahkan menciptakan manusia. Kalau mereka beranggapan bahwa manusia ibaratsebuah komputer, lalu kalau jantung manusia berhenti berdetak, terus meninggal dunia, kenapa tidak ada manusia yang dapat menghidupkan kembali dengan cara menggantikan jantung manusia tersebut dengan yang baru ?? Atau pertanyaan yang lebih ekstrimnya adalah kenapa tidak ada manusia yang dapat menciptakan jantung yang sama persis dengan apa yang ia miliki sekarang, lalu menggantikannya dengan yang baru sehingga manusia bisa hidup selamanya. Ibarat sebuah komputer jika prosesor nya rusak, komputer akan masih bisa jalan dengan cara mengganti dengan prosesor yang baru atau dengan spare part yang lebih canggih dan up-to-date. Tapi kenapa manusia tidak bisa diperlakukan seperti itu ? Lantas apa lagi yang mau dibantah ?? 

Meski saat ini teknologi bisa dikatakan sudah maju, tapi ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Dengan kata lain, kita tidak dapat memisahkan agama dari setiap sendi kehidupan yang kita miliki. Mungkin penjelasan di atas masih ada yang kurang, kalau yang pengen kasih masukan atau membantah, dipersilahkan..

Terimakasih..



Beberapa referensi terkait:
http://id.shvoong.com/books/1849563-menyingkap-alam-ruh/
http://www.al-shia.org/html/id/quran/buku-dan/12.htm
dan berbagai sumber

Sabtu, 06 Agustus 2011

A Canceled One !

Ask :What does "One" refers to ??
Answer: My final assignment's presentation ! It's really a blue day... Owhh...
 

Rabu, 03 Agustus 2011

Hari-hari menjelang seminar Tugas Akhir

Jumat, 5 Agustus 2011 , hari dimana aku akan melakukan suatu ritual khusus bagi setiap insan di jurusan Teknik Sipil ITB yang sedang mengambil mata kuliah Tugas Akhir. Yap ! Seminar TA !! Itulah kami biasa menyebut namanya ! lol Memang waktu pelaksaanya tidak semua sama, kebetulan jadwal seminarku dapatnya tanggal 5 Agustus tersebut. 

Tinggal 2 hari lagi menjelang waktunya tiba, masih ada yang perlu disiapin selain mental dan kondisi fisik yang baik (pastinya bukan hanya soal hairstyle dan penampilan). hehe :D . Meski teman2 yang lain udah banyak yang lulus, tapi yang namanya Tugas Akhir musti diselesain. 

Dan ada satu keanehan yang terjadi, yaitu ketika sedang memikirkan tentang TA ini, tiba-tiba saya mendapati kenyataan bahwa ternyata menulis itu bukanlah suatu hal yang gampang. Bahkan ternyata Sastra Indonesia itu justru lebih sulit dari Sastra Inggris.Loh kenapa? Oke, kebanyakan dari hasil bincang-bincang dengan teman di kampus ternyata nilai Ujian Akhir Nasional untuk kelulusan SMA justru banyak yang kurang memuaskan di Bahasa Indonesia daripada Bahasa Inggris. Hal ini juga udah bisa dijadikan bahan untuk mengatakan bahwa memang Bahasa Indonesia itu lebih sulit daripada Bahasa Inggris. 

Tapi percaya atau gk, ternyata dalam penggunaan bahasa keseharian, justru bahasa Indonesia kadang lebih simpel daripada bahasa Inggris, walau mungkin gk semuanya kali ya. Untuk memastikannya lagi, mari ikutin sedikit frase yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Cekidot !

In English : I think what you have said before is not related to the case we talk about.
In Indonesian : Sotoy lo man !!

In English : You guys can go first then I'll be there after you.
In Indonesian :  Ntar gw nyusul dah !

In English : The meeting will start at 9:15 AM. Please be there 15 minutes beforehand.
In Indonesian : Rapatnya Jam 8 !!

In English : Are you really sure about your previous statement ?
In Indonesian : SUMPEH LO ??!

In English :  Would you like to explain more about the statement ?!
In Indonesian : MAKSUT LOH ?!!

In English : Wow, that's cool ! You really made it bro !!
In Indonesian : Amponn kakakk...

In English : I'm so entertained by these series of event that I'm speechless and in awe !
In Indonesian : ANJROTT !!

In English : You're really extremely and absolutely  100% correct ! But I knew that already !
In Indonesian : EMBERRR !!

Hahaha.
Gmana tuh ??
Ada masukan lain gak ?? :D


Selasa, 02 Agustus 2011

What should we do in fasting month ?

Memasuki hari ke-3 di bulan Ramadhan.. Mau share dikit tentang resolusi bulan ramadhan, semoga bisa terlaksana dengan baik untuk kali ini.. Ya minimal, bisa dioptimalkan dengan maniss..! sedaapp !! hihi
Mungkin ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperbanyak pahala puasa di Bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan oleh baginda Rasulullah saw. Let's cekidot !


Beberapa kebiasaan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa
 di bulan Ramadhan yaitu :

1. Memperbanyak sedekah.
2. Memperbanyak membaca Al Qur`an.
3. Mengakhirkan waktu sahur.
4. Memperbanyak sholat malam, seperti sholat tahajjud dan sholat tarawih .
5. i`tikaf
I`tikaf bermakna diam, tinggal atau mengurung diri di suatu tempat tertentu. Secara syariat, i`tikaf adalah diam dan tinggalnya seorang muslim dalam keadaan suci di mesjid. Tujuannya beribadah dengan disertai niat.
6. Menghidupkan sepuluh malam terakhir.
Menghidupkan sepuluh malam terakhir adalah beribadah, baik itu dengan sholat malam, membaca Al` Qur`an ataupun dengan berzikir dan berdoa. Dikhususkan waktu sepuluh hari terakhir karena hari-hari itu telah mendekati berakhirnya bulan Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh berkah. Nabi Muhammad SAW ingin mengakhiri bulan Ramadhan dengan beribadah sungguh-sungguh sebelum bulan itu berlalu. Selain itu [ada sepuluh hari terakhir ini adalah waktu yang bertepatan dengan turunnya Lailatul Qadar.
7. Bersungguh-sungguh mencari Lailatul Qadar .
Lailatul Qadar artinya malam kemulian, yaitu malam diturunkannya Al Qur`an. Malam ini lebih baikdari seribu bulan atau delapan puluh tiga tahun beberapa bulan.

Senin, 01 Agustus 2011

Marhaban ya Ramadhan

Halo..
Akhirnya selesai juga puasa hari pertama di bulan Ramadhan 1432 H ini. Perjalanan masih panjang, masih tersisa 28 hari lagi, dengan kata lain, musti berjuang sampai akhirnya bisa meraih hari kemenangan..
Mungkin ini momen yang cukup penting, sebab Ramadhan hanya datang sekali dalam setahun, dan ini merupakam bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia.. I'm proud to be a moslim ! But importantly I don't want to ruin the others, so just keep it good that we can all take the essence of this life..  hoho. ^_^

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana manusia bukan hanya belajar untuk menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan emosi serta melatih kesabaran.. Hmm, dulu pernah mendengar perkataan bahwa "Orang yang kuat bukanlah hanya dinilai kuat secara fisik, tapi juga harus kuat dalam menahan emosi serta nafsu pribadi". Islam merupakan agama yang universal, dimana setiap ajaran yang ada dalam Alquran merupakan ajaran yang bersifat rasional serta dapat diterima logika. Jadi ya wajar saja jika puasa sebenarnya dapat dijelaskan secara sederhana tentang manfaat dan tujuannya. Dilihat dari segi kesehatan, bahkan puasa dapat meningkatkan kadar kesehatan seseorang, sebab hal ini terbukti dari berbagai penelitian yang telah dilakukan bahwa puasa merupakan cara yang paling baik dalam menjaga kesehatan manusia. Subhanallah..!!

Jujur, saya pribadi masih banyak sekali harus belajar tentang agama, dan banyak hal. Bahkan setiap kali menemukan hal baru, rasanya saya semakin kelihatan kecil dihadapan-Nya. Allahuakbar !! Allah Maha Besar... Memang manusia hanya makhluk kecil yang tidak ada apa-apanya..

Bersyukur sekali rasanya masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun ini...Bahkan mungkin sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, senang, haru, bahagia bercampur aduk.. hehe. Semoga kita semua dapat  terus berjuang di bulan Ramadhan ini, dan berhasil meraih hari kemenangan nantinya..! Aamiinn... :D

Oh ya special case untuk hari ini, mahasiswa baru udah diarak masuk ke kampus dan diperlihatkan dengan massa kampus. Seru juga ngeliatinnya, sambil membayangkan seperti itulah kira2 saya diteriakin ama massa kampus ! hahaha

Btw, kembali ke topik utama, ini ada gambar2 yang menarik untuk menyemangati diri di bulan Ramadhan..
sumber gambar : tiaraantik.com