Selasa, 02 Agustus 2011

What should we do in fasting month ?

Memasuki hari ke-3 di bulan Ramadhan.. Mau share dikit tentang resolusi bulan ramadhan, semoga bisa terlaksana dengan baik untuk kali ini.. Ya minimal, bisa dioptimalkan dengan maniss..! sedaapp !! hihi
Mungkin ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memperbanyak pahala puasa di Bulan Ramadhan, seperti yang dilakukan oleh baginda Rasulullah saw. Let's cekidot !


Beberapa kebiasaan Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah puasa
 di bulan Ramadhan yaitu :

1. Memperbanyak sedekah.
2. Memperbanyak membaca Al Qur`an.
3. Mengakhirkan waktu sahur.
4. Memperbanyak sholat malam, seperti sholat tahajjud dan sholat tarawih .
5. i`tikaf
I`tikaf bermakna diam, tinggal atau mengurung diri di suatu tempat tertentu. Secara syariat, i`tikaf adalah diam dan tinggalnya seorang muslim dalam keadaan suci di mesjid. Tujuannya beribadah dengan disertai niat.
6. Menghidupkan sepuluh malam terakhir.
Menghidupkan sepuluh malam terakhir adalah beribadah, baik itu dengan sholat malam, membaca Al` Qur`an ataupun dengan berzikir dan berdoa. Dikhususkan waktu sepuluh hari terakhir karena hari-hari itu telah mendekati berakhirnya bulan Ramadhan, bulan yang mulia dan penuh berkah. Nabi Muhammad SAW ingin mengakhiri bulan Ramadhan dengan beribadah sungguh-sungguh sebelum bulan itu berlalu. Selain itu [ada sepuluh hari terakhir ini adalah waktu yang bertepatan dengan turunnya Lailatul Qadar.
7. Bersungguh-sungguh mencari Lailatul Qadar .
Lailatul Qadar artinya malam kemulian, yaitu malam diturunkannya Al Qur`an. Malam ini lebih baikdari seribu bulan atau delapan puluh tiga tahun beberapa bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar