Jumat, 12 Agustus 2011

Apakah ruh itu benar ada atau tidak ??

Nah gw lagi ada satu topik yang cukup menarik untuk dibahas nih,
Mungkin topik ini juga udah dari dulu sering dipertanyakan orang tentang kebenarannya.
"Apakah ruh itu benar ada atau tidak ?"
Oke, pertama gw mau nanya dulu, apakah kita semua percaya 100 % dengan yang namanya ruh ??
Atau masih ada yang belum yakin 100 % bahwa ruh itu benar2 ada ?!!
Oke mari ikuti dulu alurnya sebelum memberi komentar..

Ruh atau roh (soul) tidak ada yang dapat mengartikannya secara gamblang dan benar2 valid sampai saat ini. Mungkin ada sebagian dari kita menganggap bahwa ruh itu hanya akal-akalan manusia saja, dan tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Eits, tunggu dulu ! Jangan salah, semua bisa dijelaskan hanya saja mungkin ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan oleh manusia akibat keterbatasan otak manusia dan ketidakmampuan manusia dalam menggapai hal-hal yang sifatnya ghoib.  Disini gw pribadi gak bisa memberikan penjelasan hanya dari sisi ilmiah, tapi harus dikaitkan dengan agama, sebab memang seperti itulah kondisinya. Hanya saja gw coba berusaha menjabarkan secara seimbang antara penjelasan yang bersifat ilmiah dan religi. 

Kenapa gw tertarik untuk menjelaskan topik ini, sebab gw rada emosi saat membaca pernyataan dari Prof.Hawking yang mengatakan, "Bagi saya otak itu seperti komputer yang akan berhenti ketika komponennya rusak.Tidak ada surga atau kehidupan setelah mati bagi komputer-komputer yang rusak.Itu hanya cerita bohong bagi orang yang takut kegelapan."

Jujur pas ngebacanya agak kaget juga, koq bisa-bisanya dia memberi pernyataan seperti itu. Pertanyaan yang langsung muncul adalah, "landasannya apa?" Apa dia terlalu pintar atau mungkin menjadi semakin "aneh" akibat kepintarannya. Koq bisa-bisanya menganggap manusia ibarat komputer, dimana manusia menciptakan komputer sedangkan manusia diciptakan oleh sang khaliq, Allah swt. Dari segi awal penciptaannya saja sudah beda, koq bisa2nya dia menganggap manusia sama seperti komputer, kalau rusak terus dianggap menjadi seperti bangkai elektronik biasa. WTF !!! hehe

Ada lagi pernyataan dari jenius Einstein yang hampir setuju dengan anggapan bahwa ruh itu sebenarnya omong kosong belaka.
Albert Einstein, letter of February 5, 1921:
"The mystical trend of our time, which shows itself particularly in the rampant growth of the so-called Theosophy and Spiritualism, is for me no more than a symptom of weakness and confusion. Since our inner experiences consist of reproductions, and combinations of sensory impressions, the concept of a soul without a body seem to me to be empty and devoid of meaning."

Gw coba cari landasan berpikir mereka terlebih dahulu sebelum gw berusaha membantah pernyataannya. Gw berasumsi bahwa mereka adalah orang yang mendasarkan segala sesuatu berdasarkan teori dan fakta ilmiah, sehingga ketika mereka tidak dapat menjelaskannya secara ilmiah untuk saat ini, mereka akan mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah sebuah mitos atau omong kosong belaka. Mereka mungkin bisa beranggapan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri manusia merupakan interaksi dari fungsi organ manusia disertai reaksi kimia yang terjadi di dalamnya. Tapi pernahkah mereka berpikir bagaimana fungsi organ manusia tersebut bisa bekerja tanpa adanya suatu penggerak ? Jantung, paru-paru, dan lainnya hanyalah benda mati yang tidak dapat bekerja secara sendiri tanpa ada sesuatu yang membuatnya bekerja. Bahkan saat pertama kita lahir, siapa coba yang membuat semua fungsi organ yang kita miliki ini bisa bekerja secara otomatis ?? Bahkan otak manusia pun menurut saya tidak akan bekerja tanpa adanya suatu penggerak. Apakah penggerak tersebut ? Penggerak/pengelola tersebut haruslah sesuatu yang bersifat hidup walau mungkin wujudnya tidak tampak. Itulah mungkin yang selama ini kita katakan sebagai ruh. Tapi saya juga masih belum bisa memastikan 100 % tentang definisnya sebab tidak ada yang dapat menjelaskannya secara gamblang sampai saat ini. 

Ketertarikan terhadap ruh ini juga berlangsung sejak lama, bahkan di Inggris tepatnya tahun 1882 dibuat sebuah persatuan pembahasan ruh. Mereka bekerja keras dengan penuh ketelitian, ketekunan, dan penuh kesungguhan untukmengungkapkan misteri ruh ini. Tapi apa yang terjadi, ternyata semuanya berakhir dengan ketidakpuasan.

Ruh dari sisi Islam memang suatu hal yang bersifat ghoib, tidak bisa dilihat, atau diraba tapi bisa dirasakan. Dalam Al-quran juga telah dijelaskan tentang ruh, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw melalui firman Allah swt : " Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, katakanlah, "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tiadalah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit". 

Ruh memang merupakan sesuatu yang abstrak, dan harus dilihat dari pendekatan agama. Kalaulah memang masih ada yang menyangkal bahwa ruh itu tidak ada dengan alasan semua yang terjadi pada diri manusia adalah proses kimia dan kinerja otak, maka perlu dipertanyakan apakah mereka bisa menghidupkan manusia atau bahkan menciptakan manusia. Kalau mereka beranggapan bahwa manusia ibaratsebuah komputer, lalu kalau jantung manusia berhenti berdetak, terus meninggal dunia, kenapa tidak ada manusia yang dapat menghidupkan kembali dengan cara menggantikan jantung manusia tersebut dengan yang baru ?? Atau pertanyaan yang lebih ekstrimnya adalah kenapa tidak ada manusia yang dapat menciptakan jantung yang sama persis dengan apa yang ia miliki sekarang, lalu menggantikannya dengan yang baru sehingga manusia bisa hidup selamanya. Ibarat sebuah komputer jika prosesor nya rusak, komputer akan masih bisa jalan dengan cara mengganti dengan prosesor yang baru atau dengan spare part yang lebih canggih dan up-to-date. Tapi kenapa manusia tidak bisa diperlakukan seperti itu ? Lantas apa lagi yang mau dibantah ?? 

Meski saat ini teknologi bisa dikatakan sudah maju, tapi ada beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah. Dengan kata lain, kita tidak dapat memisahkan agama dari setiap sendi kehidupan yang kita miliki. Mungkin penjelasan di atas masih ada yang kurang, kalau yang pengen kasih masukan atau membantah, dipersilahkan..

Terimakasih..



Beberapa referensi terkait:
http://id.shvoong.com/books/1849563-menyingkap-alam-ruh/
http://www.al-shia.org/html/id/quran/buku-dan/12.htm
dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar